PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE BREAKOUT MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA KELAS X

Rayana Fitriawan, 13670013 (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE BREAKOUT MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA KELAS X. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE BREAKOUT MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA KELAS X)
13670013_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE BREAKOUT MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA KELAS X)
13670013_BAB_II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KIMIA TIPE BREAKOUT ENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK IKATAN KIMIA KELAS X Oleh Rayana Fitriawan NIM. 13670013 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia SMA/MA, dan respon peserta didik. Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan masukan oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan peer review, untuk kemudian dinilaikan pada pendidik kimia SMA/MA. Produk juga direspon oleh peserta didik. Penilaian kualitas produk meliputi 2 aspek materi dan soal oleh ahli materi, aspek button, aspek kebahasaan, aspek teks, aspek audio visual, dan aspek karakteristik oleh ahli media, serta angket respon untuk mengetahui keberfungsian produk sebagai media belajar mandiri peserta didik yang terdiri dari 9 aspek, yaitu materi, aspek soal, aspek button, aspek kebahasaan, aspek tampilan audio visual, aspek karekteristik produk aspek fungsi aplikasi, dan aspek pandangan terhadap kimia.. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk. Karakteristik aplikasi Game Breakout Chembond Materi Ikatan kimia sebagai media belajar mandiri adalah berupa aplikasi android berformat .apk yang memuat penjelasan dan latihan soal materi Ikatan kimia, serta dilengkapi dengan menu video pembelajaran untuk membantu peserta didik belajar mandiri dalam memahami materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, aplikasi Game Breakout Chembond yang dikembangkan mendapatkan skor 5 dari 5 dengan persentase keidealan 100% sehingga dikategorikan Sangat Baik (A). Penilaian ahli media mendapatkan skor 16 dari 17 dengan persentase keidealan 94,12% sehingga masuk kategori Sangat Baik (A). Adapun penilaian menurut pendidik, produk mendapatkan skor 486 dari 540 dengan persentase keidealan 90% dan kualitas Sangat Baik (A). Respon dari peserta didik menghasilkan skor 1354 dari 1650 dengan persentase keidealan 82,06% sehingga dapat dikatakan aplikasi disukai dan dapat menjadi media belajar mandiri peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, Android, Ikatan kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Android, Ikatan kimia.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 13 Aug 2020 13:05
Last Modified: 21 Aug 2020 12:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40184

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum