DENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THERMOCHEMISTRY CONCEPT INVENTORY (TCI) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA

Siti Muslimah, 15670015 (2019) DENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THERMOCHEMISTRY CONCEPT INVENTORY (TCI) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THERMOCHEMISTRY CONCEPT INVENTORY (TCI) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA)
15670015_BAB -II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15670015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THERMOCHEMISTRY CONCEPT INVENTORY (TCI) PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA Oleh: Siti Muslimah NIM. 15670015 Kesulitan dalam memahami konsep yang dialami siswa dapat mengakibatkan siswa tidak paham konsep atau bahkan terjadi miskonsepsi. Untuk itu diperlukan suatu identifikasi agar tidak terjadi miskonsepsi. Penelitian ini yang bertujuan untuk (1) identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan instrumen Thermochemistry Concept Inventory pada materi termokimia (2) analisis potensi miskonsepsi pada materi pokok termokimia yang sering mengalami miskonsepsi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Prambanan dan SMA N 2 Banguntapan. Teknik analisis pada pengumpulan data yang dilakukan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu wawancara, tes diagnostik, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui materi yang dianggap sulit dan dimungkinkan adanya miskonsepsi. Kemudian dilakukan tes diagnostik menggunakan instrumen TCI yang selanjutnya jawaban siswa dikelompokkan berdasarkan kategori tingkat pemahaman konsep. Hasil pengelompokan dihitung persentasenya menggunakan perbandingan frekuensi yang dicari (f) dengan jumlah siswa keseluruhan (N) dan dikalikan 100%. Berdasarkan hasil penelitian, potensi miskonsepsi berdasarkan urutan persentase yang terjadi di SMA N 1 Prambanan yaitu pada submateri jenis-jenis perubahan entalpi, reaksi eksoterm dan endoterm, energi ikatan rata-rata, dan hukum Hess. Sedangkan potensi miskonsepsi berdasarkan urutan persentase yang terjadi di SMA N 2 Banguntapan yaitu pada submateri jenis-jenis perubahan entalpi, reaksi eksoterm dan endoterm, dan energi ikatan rata-rata Kata kunci: Identifikasi, Miskonsepsi, Thermochemistry

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Identifikasi, Miskonsepsi, Thermochemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 13 Aug 2020 13:42
Last Modified: 13 Aug 2020 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum