PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Desa Malangjiwan Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten)

Andri Muhamad, NIM 16250030 (2020) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Desa Malangjiwan Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Desa Malangjiwan Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten))
1625000_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Desa Malangjiwan Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten))
1625000_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERKAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran badan usaha milik desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Malangjiwan Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 bahwa Desa diamanatkan untuk memiliki badan usaha yang berguna untuk mengelolaan potensi desa yang dimiliki. Badan usaha tersebut sebagai penggerak dalam mengelola potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan. BUMDes Sumber Makmur memilki tiga unit usaha yaitu unit wisata Umbul Brintik, unit wisata Umbul Bethek dan unit usaha pengisian tangki air yang meningkatkan pendapatan asli desa dalam kurun 2 tahun. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana peran BUMDes dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan informan yaitu Kepala Desa Malangjiwan, Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan, Pengurus BUMDes Sumber Makmur dan masyarakat Desa Malangjiwan. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui kebenaran penelitian ditetapkan dengan keabsahan datanya menggunkan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran BUMDes Sumber Makmur dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui 1) Pengembangan potensi xii desa dengan renovasi Umbul Bethek serta gotong royong dalam pembangunan objek wisata 2) Peningkatan kualitas kehidupan dengan pembayaran biaya premi BPJS Kesehatan 3) Memperkokoh perekonomian masyarakat dengan memberikan bantuan lansia/janda, anak yatim, dan masyarakat kurang mampu 4) Pengembangan perekonomian desa dengan pengelolaan potensi objek wisata melalui setor lainya 5) Peningkatan penghasilan dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Peran, BUMDes, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Aug 2020 09:34
Last Modified: 14 Aug 2020 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum