PERAN PENGELOLA PASAR TRADISIONAL DALAM KESEJAHTERAAN PEDAGANG (Studi di Pasar Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat-Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata I Disusun Oleh: NOVIANTO FAJAR SHIDDIQ 16250042 Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd NIP: 19560704 198603 1 002 PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2020

NOVIANTO FAJAR SHIDDIQ, NIM. 16250042 (2020) PERAN PENGELOLA PASAR TRADISIONAL DALAM KESEJAHTERAAN PEDAGANG (Studi di Pasar Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat-Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata I Disusun Oleh: NOVIANTO FAJAR SHIDDIQ 16250042 Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd NIP: 19560704 198603 1 002 PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENGELOLA PASAR TRADISIONAL DALAM KESEJAHTERAAN PEDAGANG (Studi di Pasar Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian)
16250042_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENGELOLA PASAR TRADISIONAL DALAM KESEJAHTERAAN PEDAGANG (Studi di Pasar Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian)
16250042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peran Pengelola Pasar Tradisional Dalam Kesejahteraan Pedagang (Studi di Pasar Tradisional Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakata). Skripsi dalam Program Studi Ilmu Kesejahteraaan Sosial Fakultas. Perkembangan zaman yang semakin modern membuat pasar tradisional bersaing tinggi terhadap pasar-pasar modern yang bermunculan. Akibatnya, akan timbul berbagai permasalahan di antaranya, minat pembeli yang semakin menurun karena beralih pada pasar yang lebih modern, rapi, dan dengan barang yang lebih berkualitas. Ini akan mempengaruhi perolehan pendapatan pedagang pasar tradisional. Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan suatu sistem pengelolaan pasar yang lebih baik untuk menyaingi modernisasi ini agar tetap mempertahankan kesejahteraan pedagangnya. Pengelola pasar tradisional menjadi aktor penting dalam mewujudkan suatu sistem tata kelola yang efektif dan berkelanjutan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran pengelola Pasar Desa Caturtunggal dalam kesejahteraan pedagangnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran pengelola, pengelolaan pasar, dan teori kesejahteraan sosial pedagang. Sedangkan metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Dari penelitian ini, ditemukan hasil bahwasanya peran pengelola Pasar Desa Caturtunggal sudah cukup baik dalam melakukan usahanya untuk kesejahteraan pedagangnya. Program-program yang dibentuk oleh pengelola pasar tersebut sudah cukup berjalan dengan baik, efektif dan berkelanjutan. Pedagang pasar tersebut memperoleh banyak program dan kebijakan yang diberikan oleh pengelola pasar antara lain mendapatkan bukti tertulis yang tertera pada sertifikat dagang sebagai hak paten atas ditempatinya lokasi dagang. ini akan berpengaruh terhadap kesejahteraan pedagang seperti pada sisi sosialnya, tidak ada permasalahan sosial dikarenakan ketidakjelasan penempatan lapak berdagang. Selain itu juga pada materiil pedagang yang dapat memperolah penghasilan dengan mudah maupun memperoleh pinjaman dana dari bank menggunakan sertifikat dagang tersebut sebagai agungan dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran pengelola, pasar tradisional, kesejahteraan sosial pedagang.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Aug 2020 09:55
Last Modified: 14 Aug 2020 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum