NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN SYEKH SULAIMAN AR-RASULI (Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau)

AULIA RAHMAN, 1520410015 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN SYEKH SULAIMAN AR-RASULI (Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN SYEKH SULAIMAN AR-RASULI (Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau))
1520410015_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN SYEKH SULAIMAN AR-RASULI (Analisis Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau))
1520410015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (624kB)

Abstract

Perkembangan zaman yang terjadi dewasa ini memberikan dampak positif dan negatif bagi manusia. Di samping kehidupan manusia semakin maju dan berkembang dengan teknologi, ternyata modernisasi dan globalisasi juga berdampak terhadap semakin menurunnya nilai-nilai moral dalam masyakat. Hal itu terbukti dengan maraknya perilaku-perilaku amoral yang terjadi. Saat ini, pendidikan, terutama pendidikan karakter dan pendidikan Islam merupakan kunci dan ujung tombak yang diharapkan mampu untuk membendung dampak negatif dari arus modernitas. Hal itu sejalan dengan tujuan pendidikan yakninya mengembangkan potensi manusia, serta menguatkan kekuatan spiritual keagamaan sehingga nantinya setiap manusia mampu mengendalikan diri sendiri, cerdas, terampil serta berakhlak mulia. Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, telah melahirkan banyak tokoh-tokoh pendidikan yang mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan Islam serta nilai-nilai akhlak dan karakter ini, salah satunya adalah Syekh Sulaiman arRasuli. Dalam kitabnya yang berjudul “Pedoman Hidup di Alam Minangkabau” Syekh Sulaiman ar-Rasuli berupaya menanamkan nilai-nilai keislaman dan karakter kepada pembacanya. Banyaknya nilai-nilai yang terkandung dalam buku ini menjadi alasan yang kuat bagi penulis untuk melakukan penelitian lebih dalam, sehingga hasilnya nanti bermanfaat untuk menjawab tantangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis pendidikan untuk mengungkap konsep dan nilai pendidikan Islam serta nilainilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab “Pedoman Hidup di Alam Minangkabau.” Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan diperkaya dengan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab “Pedoman Hidup di Alam Minangkabau” sarat akan nilai pendidikan karakter dan pendidikan Islam. Nilai-nilai karakter tersebut ditanamkan oleh seorang ibu bernama Siti Budiman, kepada anaknya dengan metode keteladanan dan nasihat. Nilai-nilai tersebut antara lain: religius, demokrasi, peduli sesama, rendah hati, menghormati orangtua, kerja keras, bertanggung jawab, dermawan, dan lain-lain. Sedangkan konsep pendidikan Islam yang terkandung dalam buku ini antara lain yaitu, mengenai tujuan pendidikan (menuntut ilmu), sikap seorang pendidik, sikap peserta didik, materi dan metode pendidikan. Banyaknya kandungan nilai dalam Kitab Pedoman Hidup di Alam Minangkabau, membuktikan bahwa kita ini patut untuk dijadikan rujukan dalam pendidikan Islam dan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam, Syekh Sulaiman Ar-Rasuli
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:56
Last Modified: 19 Aug 2020 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40278

Actions (login required)

View Item View Item