SISTEM BĪ’AH LUGAWIYYAH STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH PESANTREN HIDAYATULLAH BALONG NGAGLIK SLEMAN

Lukman Hakim, 1520410037 (2019) SISTEM BĪ’AH LUGAWIYYAH STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH PESANTREN HIDAYATULLAH BALONG NGAGLIK SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SISTEM BĪ’AH LUGAWIYYAH STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH PESANTREN HIDAYATULLAH BALONG NGAGLIK SLEMAN)
1520410037_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (SISTEM BĪ’AH LUGAWIYYAH STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH PESANTREN HIDAYATULLAH BALONG NGAGLIK SLEMAN)
1520410037_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Hidayatullah sebagai organisasi Islam yang bergerak di bidang dakwah dan pendidikan Islam konsisten berkontribusi terhadap peningkatan mutu dan manajemen pendidikan Islam, termasuk di dalamnya pendidikan bahasa Arab. Sampai saat ini Hidayatullah telah memiliki sekitar 30 unit sekolah dan madrasah di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Sleman DIY. Dikdasmen Hidayatullah masih menghadapi persoalan menejerial maupun SDM sehingga outputnyapun secara kualitas dan kuantitas relatif belum ideal. Realita ini merata hampir di semua unit pendidikan Hidayatullah pada jenjang pendidikan menengah atas, kecuali satu dua madrasah yang sudah mulai berbenah secara signifikan, salah satunya madrasah Aliyah Hidayatullah Sleman Yogyakarta. Madrasah Aliyah Hidayatullah Sleman menerapkan sistem boarding dan bī’ah lugawiyyah. Hal inilah yang menjadi motif bagi penulis untuk meneliti proses pelaksanan program tersebut di madrasah ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan ditambah dengan angket agar diperoleh hasil yang maksimal. Lokasi penelitiannya yaitu lingkungan madrasah Aliyah Hidayatullah Balong Sleman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana penerapan sistem bī’ah lugawiyyah di lingkungan madrasah Aliyah Hidayatullah, kelebihan dan kekurangannya serta efektifitas dari program tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan sistem bī’ah lugawiyyah melibatkan fungsi kepengasuhan berkerjama dengan divisi bahasa Kepanduan Hidayatullah untuk menjalankan kegiatan kebahasaan di luar kelas baik meliputi kegiatan muhadatsah yaumiyyah, muhawarah, mufrodat, dan muhadharoh. (2) metode pembelajaran maharat lugawiyyah mengacu kepada teori pembalajaran Clasical Conditioning, teori Operant Conditioning, teori Konstrukstivisme sosial, teori Second Language Acquisition dan teori Belajar Sosial. Adapun kelebihan dan kekurangan program sebagai berikut: a. Kelebihan program: Program bī‟ah lugawiyyah di MA Hidayatullah didukung penuh dan menjadi bagian dari kurikulum resmi madrasah. Kegiatan kebahasaan yang diterapkan sarat dengan penguatan maharat lughawiyah yang empat. Program bī’ah lugawiyyah juga bertujuan membangun karakteristik kepemimpinan pada siswa. Menggunakan direct method dalam kegiatan muhadatsah yaumiyyah dimana para siswa diarahkan untuk bicara langsung sesuai kebutuhannya tanpa takut salah. Keberadaan bī’ah lugawiyyah membantu siswa di jurusan agama memahami kitab-kitab yang mereka pelajari di kelas. Sistem kaderisasi yang baik dalam program. Keterlibatan penuh tenaga-tenaga guru yang berkompeten dan berperan sebagai model. Sistem dan peraturan yang dijalankan relatif sangat baik, dimana reward and punishment berlaku pada bī’ah lugawiyyah ini. b. viii Kekurangan: Jumlah pengurus bahasa untuk difungsikan sebagai model relatif kurang dalam kegiatan muhadatsah yaumiyyah. Keteladanan kebahasaan para guru dan pengasuh kurang maksimal. Fungsi sarana dan prasarana yang belum dimaksimalkan. Banyak papan petunjuk dan pengumuman yang tidak menggunakan bahasa Arab. Gejala interferensi kebahasaan (at-tadakhul allughawi) sangat dominan. Heteregonitas masyarakat bī’ah lugawiyyah yang sebagian bukan dari background bahasa Arab berpengaruh negatif terhadap kultur dan sistem bī’ah lugawiyyah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Evaluasi Program, Bi'ah lugawiyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:56
Last Modified: 19 Aug 2020 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40279

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum