POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBINAAN ANAK JALANAN (STUDI PERAN PENGASUHAN ORANG TUA BINAAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO SLEMAN)

Ahmad Aslamul Faizin, 1620010020 (2019) POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBINAAN ANAK JALANAN (STUDI PERAN PENGASUHAN ORANG TUA BINAAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO SLEMAN). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBINAAN ANAK JALANAN (STUDI PERAN PENGASUHAN ORANG TUA BINAAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO SLEMAN))
1620010020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBINAAN ANAK JALANAN (STUDI PERAN PENGASUHAN ORANG TUA BINAAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO SLEMAN))
1620010020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

Pengasuhan anak merupakan serangkaian kewajiban yang harus dilaksanakan orang tua. Jika pengasuhan anak belum bisa dipenuhi secara baik dan benar, kerap kali memunculkan masalah dan konflik, baik di dalam diri anak itu sendiri maupun dengan orang tuanya. Oleh karena itu, pengasuhan yang baik adalah pengasuhan yang terjalin secara interaktif antara orang tua dan anak saling sinergi, sehingga pola asuh ini akan menghasilkan lingkungan yang kondusif di dalam keluarga. Dalam hal ini tidak semua pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua berjalan dengan baik, seringkali juga terjalin konflik dan rumah tangga yang berantakan, sehingga mengakibatkan anak merasa tidak nyaman di lingkungan keluarga. Dan anak justru kurang mendapatkan perhatian, sehingga anak menjadi terlantar dan bahkan terjun bebas di jalanan. Oleh karena itu, Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro hadir untuk menjalin komunikasi dan menolong mereka yang hidupnya telantar, kurang mendapatkan perhatian baik dari lingkungan sekitar dan pemerintah untuk memberikan pembinaan tentang pentingnya dalam membina, merawat, dan mendidik anak. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui peran pengasuhan orang tua binaan orang tua anak jalanan binaan Rumah singgah dan Belajar Diponegoro Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan teori peran pengasuhan anak. Adapun metode penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pola pengasuhan orang tua asuh binaan Rumah Singgah Diponegoro? hambatan apa saja dalam proses pengasuhan orang tua asuh binaan Rumah Singgah Diponegoro? Hasil dari penelitian ini menunjukkan pola asuh yang diterapkan oleh RSB Diponegoro memberikan sumbangsih terhadap anak dan keluarga. Pertama, orang tua merasa terbantu dan tertolong dengan adanya RSB Diponegoro, dalam memberikan pendidikan terhadap anak dan keluarga. RSB Diponegoro dalam mendidik anak jalanan berbeda dengan lembaga lain, kalau di lembaga lain hanya memberikan fasilitas saja, tetapi di sini anak dibekali skill dan wahana untuk berkreatifitas. Selain itu juga ada tempat untuk konselor bagi anak-anak yang bermasalah. Sedangkan dilihat dari hambatan selama ini keterbatasan dana untuk membantu dan memberikan fasilitas terhadap anak, serta kurangnya sumber daya manusia (SDM) pengurus dalam membina dan mengasuh anak jalanan. Oleh karena itu untuk kedepan Dinas sosial (Dinsos) untuk lebih memperhatikan RSB dalam memberikan pembinaan terhadap anak-anak jalanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nina Mariani Noor, SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, anak jalanan, rumah singgah, RSB Diponegoro
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:47
Last Modified: 19 Aug 2020 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum