REVITALISASI MODAL SOSIAL SEBAGAI UPAYA ADVOKASI KEBIJAKAN LANSIA (Studi Kasus di Lembaga FOPPERHAM Di Desa Kedungkeris Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta)

Saparwadi, 1620010045 (2019) REVITALISASI MODAL SOSIAL SEBAGAI UPAYA ADVOKASI KEBIJAKAN LANSIA (Studi Kasus di Lembaga FOPPERHAM Di Desa Kedungkeris Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (REVITALISASI MODAL SOSIAL SEBAGAI UPAYA ADVOKASI KEBIJAKAN LANSIA (Studi Kasus di Lembaga FOPPERHAM Di Desa Kedungkeris Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta))
1620010045_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (REVITALISASI MODAL SOSIAL SEBAGAI UPAYA ADVOKASI KEBIJAKAN LANSIA (Studi Kasus di Lembaga FOPPERHAM Di Desa Kedungkeris Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta))
1620010045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

Proses pembangunan tidak bisa kita pungkiri senantiasa akan menyisakan keterpinggiran. Ada kelompok-kelompok yang rentan mengalami keterpinggiran tersebut karena terhalang atau bahkan dihalangi aksesnya terhadap pembangunan. Kelompok tersebut diantaranya adalah lansia. Tesis ini berargumen bahwa, terdapat kecenderungan peningkatan kasus bunuh diri dengan rata-rata usia korban adalah warga lansia yang berhubungan erat dengan berbagai isu sosial, ekonomi, dan politik yang menentukan. Apalagi jika melihat fakta bahwa proporsi penduduk yang memasuki usia lanjut semakin lama semakin signifikan jumlahnya di banyak negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi dan capaian lembaga FOPPERHAM dalam revitalisasi modal sosial sebagai upaya advokasi kebijakan lansia di Desa Kedungkeris Kec. Nglipar Kab. Gunung Kidul. Penelitian ini menggunakan kualitatif untuk mengemukakan kondisi serta keadaan di lapangan, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kriteria pemilihan informan menggunakan tekhnik purposive dan snowball terdiri dari Pemerintah Desa Kedungkeris dan Relawan lansia Desa Kedungkeris, masyarakat lansia dan Stakeholder FOPPERHAM. Menyadari bahwa masih banyaknya permasalahan lanjut usia di Kab. Gunung Kidul, FOPPERHAM berupaya melakukan Revitalisasi modal sosial sebagai upaya Advokasi kebijakan lansia untuk pemenuhan hak lansia di Desa Kedungkeris, Kec. Nglipar. Strategi revitalisasi modal sosial sebagai upaya advokasi yang dilakukan berupa tahap perencanaan sosial, aksi sosial, peningkatan kesadaran dan pendidikan sosial. Adapun capaian dari revitalisasi modal sosial sebagai upaya advokasi kebijakan lansia berupa terbentuknya Kerelawanan Lansia Desa Kedungkeris, Partisipasi Pemerintah Desa Kedungkeris Dalam Pembangunan Inklusif, Terbentuknya Lembaga Kesejahteraan Lansia (LKS) ‘’RAHARJA’’ Desa Kedungkeris.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Roma Ulinnuha, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Advokasi Lansia, Fopperham, Desa Kedungkeris
Subjects: Kebijakan Publik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:47
Last Modified: 19 Aug 2020 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum