ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN DI RUANG KOLEKSI LANGKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE GAP ANALYSIS

KHODIJAH, 1620010082 (2019) ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN DI RUANG KOLEKSI LANGKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE GAP ANALYSIS. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN DI RUANG KOLEKSI LANGKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE GAP ANALYSIS)
1620010082_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PELAYANAN DI RUANG KOLEKSI LANGKA BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN GRHATAMA PUSTAKA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE GAP ANALYSIS)
1620010082_BAB-II_sampai _SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka pada layanan koleksi langka di Balai Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta pada keseluruan dimensi yaitu Bukti Fisik (Tangibles), kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy) menggunakan metode kesenjangan (gap analysis). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, populasi penelitian yaitu pemustaka aktif pada ruang layanan koleksi langka di Balai Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta yang berjumlah 11.412. Peneliti menentukan besar sampel berpedoman pada Tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 10%, dengan sampel sebesar 263, teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling dan di batasi oleh teknik Purposive Sampling. Objek yang dikaji ada 5 (lima) indikator dari variabel tunggal yaitu dimensi Bukti Fisik (Tangibles), kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy) pada pelayanan ruang koleksi langka di Balai Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian ini menjelaskan keseluruan menggunakan angket, wawancara dan observasi. Hasil pengumpulan data dianalisis secara manual dan bantuan SPSS Version 25. Selanjut nya pengolahan data menggunakan rumus tingkat kesesuaian, kesenjangan dan diagram kartesius. Hasil vii penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pemustaka pada pelayanan di ruang koleksi langka di Balai Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka pada keseluruan dimensi untuk interpretasi tingkat kesesuaian (Tki) ≥ 80% dan < 100% berada pada kategori baik yang menunjukan nilai kesesuaian sebesar 86.51%. Interpretasi kesenjangan (gab analysis) antara persepsi dan harapan yang di rasakan pada pelayanan ruang layanan koleksi langka sebesar (-22.92). Adapun tingkat kepuasan dan kesenjangan pemustaka pada lima dimensi, yaitu pada dimensi Bukti Fisik (Tangible) sebesar 82.93% dan kesenjangannya sebesar (-9.95), kehandalan (Reliability) sebesar 86.05% dan kesenjangannya sebesar (-3.60), Daya Tanggap (Responsiveness) sebesar 85.57% dan kesenjangannya sebesar (-2.51), Jaminan (Assurance) sebesar 87.41% dan kesenjangannya sebesar (-4.65) dan Empati (Empathy) sebesar 90.57% dan kesenjangannya sebesar (-2.21). Artinya Pelayanan yang di berikan Pada layanan ruang Koleksi Langka di Balai Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka secara keseluruhan belum memuaskan sebagai mana yang diharapkan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SS., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pemustaka, Metode GAP Analysis, Layanan Perpustakaan, Grhatama Pustaka Yogyakarta
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Daerah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:46
Last Modified: 19 Aug 2020 12:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40302

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum