Konstruksi Keadilan Sosial dalam Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan diKota Tarakan (Kajian Filsafat Sosial dan Politik)

Mutiullah, - and Maghfur, - and Iftitah, - (2018) Konstruksi Keadilan Sosial dalam Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan diKota Tarakan (Kajian Filsafat Sosial dan Politik). Project Report. Program Studi Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Konstruksi Keadilan Sosial dalam Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan diKota Tarakan (Kajian Filsafat Sosial dan Politik))
Konstruksi Keadilan Sosial dalam Program Tanggung Jawab Sosial.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597518715.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Visi besar pembangun nasional harus berlandaskan kepada moral dan etika yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat, karena pada hakikatnya, NKRI berdiri untuk memakmurkan warga yang hidup di Sabang sampai Merauke. Untuk menajamkan aspek keadilan sosial dalam aktifitas ekonomi, pemerintah Indonesia menekankan perusahaan untuk tidak hanya bertanggung jawab secara yuridis an sichyang berupa tanggung jawab hukum, melainkan juga harus bertanggung jawab—secara—sosial, yang selanjutnya dikenal sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR). Maksudnya, pemerintah mendorong perusahaan –perusahaan tidak hanya bertujuan mendapatkan laba, tetapi juga harus memiliki dampak sosial kepada masyarakat sekitarnya. Faktanya, pengumpulan dan penyaluran dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan saat ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah perusahaan di Indonesia yang mencapai ribuan. Salah satu contoh Pemerintah Daerah yang sukses mengintegarsikan antara dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah adalah Kota Tarakan Kalimantan Utara. Pemerintah daerah setempat mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pola kemitraan antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat, sehingga menuai hasil positif dalam aspek pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tipe penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif (descriptive-qualitative research)yang menguraikan permasalahan secara deskriptif dengan melihat konteks permasalahan dan motif tindakan individu dalam suatu kolektivitas kemasyarakatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan FGD, pengamatan, wawancara berpedoman(guided interview)dan wawancara mendalam (indept interview).Maka, setelah menemukan data-data kualitatif dari lapangan dengan tetap memperhatikan prinsip validitas dan objektifitas data, selanjutnyamenganalisadengan instrumen analisis deduktif dan induktif.Hasil penelitian,pemerintah daerah sangat berkomitmen terhadap sinergi APBD dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Komitmen ini dibuktikan dengan inisiatif pemerintah membentuk Forum CSR dan mengundang perusahaan-perusahaan dalam acara Musyrembang Kota. Baik pemerintah danperusahaan sama –sama memiliki kesadaran bersama tentang pembangunan manusia merupakan tanggung jawab bersama. Sayangnya, program visioner ini minim legislasi, sehingga rencana bagus tapi minim implimentasi. Banyak perusahaan yang tidak menjalankan program CSR, ada juga perusahaan yang sekedar menjalankan tapi tidak sistematis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, Sumber Daya Manusia dan Negara Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masalah Sosial
Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 16 Aug 2020 02:26
Last Modified: 16 Aug 2020 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40305

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum