ANALISIS EFISIENSI SEKTOR PUBLIK PEMERINTAH DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI RIAU TAHUN 2011-2017

Muhammad Adnan Azzaki, 15810088 (2019) ANALISIS EFISIENSI SEKTOR PUBLIK PEMERINTAH DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI RIAU TAHUN 2011-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EFISIENSI SEKTOR PUBLIK PEMERINTAH DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI RIAU TAHUN 2011-2017)
15810088_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFISIENSI SEKTOR PUBLIK PEMERINTAH DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI RIAU TAHUN 2011-2017)
15810088_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menggunakan dua metode yaitu Data Envelopment Analysis (DEA) dan regresi data panel, penelitian ini mengulas tentang teknis efisiensi pengeluaran pemerintah sektor publik yang terdiri dari sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur di kabupaten/kota provinsi Riau, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di kabupaten/kota provinsi Riau. Salah satunya dengan memasukkan pengeluaran pemerintah di sektor publik sebagai variabel independen, dan variabel kesejahteraan yang di proksikan dengan jumlah penduduk miskin sebagai variabel dependen. Sejalan dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui derajat efisiensi pengeluaran pemerintah sektor publik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di kabupaten/kota provinsi Riau. Hasil analisis DEA pada penelitian ini menunjukkan tingkat efisiensi pengeluaran sektor publik yang bervariasi di kabupaten/kota provinsi Riau, selama periode 2011-2017 hanya terdapat tiga kabupaten yang mengalami efisiensi sempurna. yaitu kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Dumai, dan kabupaten Kepulauan Meranti. Daerah yang mengalami inefisiensi rata-rata memiliki anggaran sektor publik cukup besar, sehingga terjadi pemborosan anggaran pada pengelolaannya. Kabupaten yang mengalami pemborosan terbesar adalah kabupaten Bengkalis. Sementara itu hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Diperoleh tiga variabel yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah penduduk miskin, yaitu variabel anggaran kesehatan, anggaran pendidikan, dan Pendapatan asli daerah, sisa dua variabel lainnya yaitu anggaran infrastruktur dan Bantuan Sosial tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Rudi Nugroho, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Data Envelopment Analysis, kesejahteraan masyarkat, anggaran kesehatan, anggaran pendidikan, anggaran infratsruktur, bansos, pad
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 16 Aug 2020 17:16
Last Modified: 16 Aug 2020 17:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum