PEMBERDAYAAN KADER POS YANDU: Upaya peningkatan pengetahuan danperilaku pemenuhan Gizi Seimbang Halal dan Thayyib Bagi Ibu dan Anak BalitaMasa New Normal Pandemi Covid 19 di Posyandu Sakinah Dusun KandangsariSukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta

Wiji Hidayati, - (2020) PEMBERDAYAAN KADER POS YANDU: Upaya peningkatan pengetahuan danperilaku pemenuhan Gizi Seimbang Halal dan Thayyib Bagi Ibu dan Anak BalitaMasa New Normal Pandemi Covid 19 di Posyandu Sakinah Dusun KandangsariSukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Documentation. Prodi MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN KADER POS YANDU: Upaya peningkatan pengetahuan danperilaku pemenuhan Gizi Seimbang Halal dan Thayyib Bagi Ibu dan Anak BalitaMasa New Normal Pandemi Covid 19 di Posyandu Sakinah Dusun KandangsariSukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta)
PEMBERDAYAAN KADER POS YANDU Upaya peningkatan pengetahuan danperilaku pemenuhan Gizi Seimbang Halal dan Thayyib.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597578903.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Kondisi New Normal pandemicovid 19 mengharuskan orang menyesuaikan kebiasaan baru setelahsejak 19 Maret 2020 selama3bulan tinggal dirumah saja, termasuk para kader posyandu serta Ibu dan anak balita yang tergabung di POS Yandu Sakinah, pemerintahtelah melonggarkan setelah melarang seluruh aktivitasdi luar rumah untuk mencegah meluasnya penularanVirus covid 19,hal ini berakibat diantaranya berdampak pada kesulitan ekonomi masyarakat, turunnya kemampuan ketahanan pangan. termasuk turunnya pemenuhan gizi seimbanghalal dan thoyyib di 33 keluarga ibu yang memiliki anak-anakbalita. Solusi persoalan ini kami lakukan pengabdian dengan program pemberdayaaan bagi kader POS Yandumenggunakan pendekatan capacity building dan pendekatan governance.Capacity building merupakan serangkaian strategi meningkatkan kinerja dan peningkatan kualitas sumber daya manusiaterhadap 12 kader posyandu Sakinah dengan melakukan penyuluhan secara online tentangAllah SWT;sebagai pencipta sumber pangan;Konsep makanan minuman halal dan thayyib;Gizi seimbang dan perilaku pemenuhan gizi seimbang yang halal.Pendekatan governance melakukan kolaborasi,dan kemitraan anatara kami selaku yang melakukan pengabdian sebagai dosen MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah UINSunan Kalijaga dengan LPM Fakultas PertanianUGM, LPM Fakultas perikanan UGM melalui Bapak H. Abdul AzisHasil pemberdayaan para kader Posyandu Sakinah dengan pendekatan capacity building secara online telah meningkat kemampuandengan membaca berulangulang di WA group dan berdiskussi untuk kesiapannyamelakukan penyuluhan kepada para ibu balita 33 orang untukmemilikidan memahami kembali Allah SWT. sebagai pencipta sumber pangan. Konsep makanan minuman halal dan thayyib. Gizi seimbang dan perilaku pemenuhan gizi seimbang yang halal.Pendekatan governancemelaksanakanpelatihan bermitradengan mahasiswa PLPKKN IntegratifUNY dari program Studi pendidikan Tata boga,para kader dapat menedukasi para ibu membuat menu makanan Halal dan Thayyib danKampanye edukasi “Isi Mangkokku Nasi,lauk sayur dan Buah”

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kader Posyandu, Pengetahuan, perilaku Gizi Seimbang.
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Makalah
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 16 Aug 2020 19:34
Last Modified: 16 Aug 2020 19:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum