Manajemen Pengembangan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui KurikulumEkstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di MAN 4 Bantul Yogyakarta

Wiji Hidayati, - and Khumaidah, - (2020) Manajemen Pengembangan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui KurikulumEkstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Project Report. Prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Manajemen Pengembangan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui KurikulumEkstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di MAN 4 Bantul Yogyakarta)
Manajemen Pengembangan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597618521.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan sebuah disiplin ilmu yang diaplikasikan disegala lini kehidupan. Tujuannya adalah agardapat mencapai visi yang telah ditetapakan secaraefektif dan efisien. Dibidang pendidikan, manajemen diaplikasikan pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui Kurikulumberupasebuah dokumen yang berisi perencaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi terhadap kegiatan pembentukan karakter peduli sosial metode habituasi. Habituasi adalah proses penciptaan keadaan dimana siswa membiasakan diri untuk berperilaku sesuai nilai dan telah menjadi karakter karena telah diinternalisasi melalui proses intervensi.1Untuk menumbuhkan kepedulian dengan menggunakan pendekatan earning by doing (belajar dengan melakukan)melalui pelatihan kepalangmerahandi MAN 4 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data disajikan melalui tahap reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karakter peduli sosial termasuk dalam tahap pengorganisasian dan implementasi kurikulum melalui materi pertolongan pertama, donor darah, kebersihan dan kesehatan, tumbuh kembang remaja dan kesiapsiagaan bencana. Hasil manajemen pengembangan karakter peduli sosial melalui kurikulum ekstrakurikuler memilikihasil efisiensi dan efektivitas yang tinggi. Pengembangan karakter peduli sosial termasuk dalam tahap pengorganisasian dan implementasi. Output dari kegiatan ekstrakurikuler PMR peserta didik mempunyai pemahaman terhadap materi, keterampilan melakukan pertolongan pertama dan pengembangan karakter. Untuk mencapai tujuan ekstrakurikuler PMR pihak madrasah melakukan kerjasama dengan KSR PMI UIN Sunan Kalijaga untuk memfasilitasi pelatih serta pihak madrasah mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh ekstrakurikuler PMR.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulumekstra Kurukuler , karakter Peduli sosia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Penelitian
Depositing User / Editor: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 17 Aug 2020 06:17
Last Modified: 17 Aug 2020 06:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40340

Actions (login required)

View Item View Item