ANALISIS DETERMINAN FINANCIAL DISTRESS PADA BANK UMUM SYARIAH DAN KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN MODEL ALTMAN MODIFIKASI

UMI ROKHIMATUN MUTOHAROH, NIM. 15810054 (2019) ANALISIS DETERMINAN FINANCIAL DISTRESS PADA BANK UMUM SYARIAH DAN KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN MODEL ALTMAN MODIFIKASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DETERMINAN FINANCIAL DISTRESS PADA BANK UMUM SYARIAH DAN KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN MODEL ALTMAN MODIFIKASI)
15810054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DETERMINAN FINANCIAL DISTRESS PADA BANK UMUM SYARIAH DAN KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN MODEL ALTMAN MODIFIKASI)
15810054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 dan tahun 2008 telah mengguncang perekonomian di Indonesia. Kerapuhan di sektor keuangan khususnya perbankan menyebabkan semakin meningkatnya risiko usaha yang dihadapi oleh bank, salah satunya yaitu financial distress. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis financial distress sebagai peringatan dini (early warning system) untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan pada Perbankan Syariah dan Konvensional. Obyek penelitian yang diambil yaitu 4 Bank Umum Syariah dan 4 Bank Umum Konvensional. Dimana masing-maisng bank ini adalah sama yaitu Bank BRI, BNI, Mandiri dan Mega. Penelitian ini juga akan membahas faktor yang paling dominan mempengaruhi financial distress pada keempat Bank Umum Syariah dan Konvensional, jika dilihat dari faktor internal bank dan faktor eksternal bank (makro ekonomi). Penelitian ini menggunakan data panel, yaitu gabungan data time series dan cross section dengan periode observasi pada triwulan I tahun 2015 sampai dengan triwulan III tahun 2018. Analisis Z-Score akan digunakan sebagai alat analisis utama yang diregresikan dengan variabel internal bank dan makroekonomi. Hasil analisis nilai Z-Score menunjukkan bahwa secara umum kondisi financial distress pada keempat bank umum syariah dan konvensional (Bank BRI, BNI, Mandiri dan Mega) periode triwulan I 2015 sampai dengan triwulan III tahun 2018 berada pada posisi gray zone (abu-abu). Faktor internal bank yang mempengaruhi financial distress pada keempat bank umum syariah yaitu variabel FDR. Sedangkan pada keempat bank umum konvensional yaitu variabel ROA. Faktor makro ekonomi yang mempengaruhi financial distress pada keempat bank umum syariah yaitu variabel BI Rate dan kurs. Sedangkan pada keempat bank umum konvensional, variabel makroekonomi tidak berpengaruh terhadap financial distres.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUH. RUDI NUGROHO, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Stabilitas Keuangan, financial distress, Z-Score Altman Modifikasi, Bank Umum syariah dan Bank Umum Konvensional
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 19 Aug 2020 11:11
Last Modified: 19 Aug 2020 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum