PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X MAN Yogyakarta III)

LINDA FENI HARYATI - NIM. 05430003, (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X MAN Yogyakarta III). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X MAN Yogyakarta III))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X MAN Yogyakarta III))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN III Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran learning start with a question dengan model pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keaktifan siswa kelas X MAN III Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran learning start with a question dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain control group pretes-postes. Variable penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa keaktifan dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 154 siswa kelas X.Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan system cluster random sampling, dengan kelas X.C sebagai kelas eksperimen dan kelas X.A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar obserfvasi keaktifan. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa secara signifikan antara kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran learning start with a question dengan kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional, yang berarti model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kelompok eksperimen. Dari hasil perhitunggan secara keseluruhan nilai pretes-postes didapatkan harga t0=2,834 dan db = 214, selanjutnya dilakukan pengetesan satu ekor. Pada tabel diketahui harga t kritik pada t0,05 = 1,653 dan pada t0,01=2,345, sehingga1,653 2,345 2,834, hal ini menunjukkan bahwa harga t0 sangat signifikan. Untuk nilai analisis lemabar observasi keaktifan, diperoleh t0 = 5,499, pada tabel diketahui harga t kritik pada t0,05 = 1,725 dan pada t0,01=2,528, sehingga 1,725 2,528 5,499 yang berarti harga t0 menunjukkan nilai yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Himmawati Puji Lestari, M.Si Ibrahim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Learning Start With A Question, Keaktifan, Prestasi Belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2012 11:05
Last Modified: 14 Dec 2016 07:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item