PENERAPAN TEORI ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS VIII F SEMESTER 2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SAYUNG, DEMAK, JAWA TENGAH

Khaerotun Nisak NIM. 03440414, (2010) PENERAPAN TEORI ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS VIII F SEMESTER 2 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SAYUNG, DEMAK, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran dengan pendekatan andragogi dapat meningkatkan interaksi, motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII F. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan penerapan teori andragogi dalam proses pembelajaran sains kepada siswa kelas VIII F Semester 2 SMP Negeri 2 Sayung. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah samua siswa kelas VIII F yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran sains melalui tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pengedaran angket, observasi dan wawancara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan andragogi dapat meningkatkan interaksi belajar dan motivasi siswa dalam mata pelajaran sains. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan skor rata-rata pada indikator motivasi di setiap siklusnya. Akumulasi rata-rata skor masing-masing item penilaian terhadap respon, partisipasi dan wawasan pada siklus I adalah 6,1, siklus II = 6,6,siklus III = 7,2, dan pada siklus IV = 7,5. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil ulangan yang semakin baik pada setiap siklus.Nilai rata-rata pada siklus I = 65,5, siklus II = 73,1, siklus III = 78,1 dan siklus IV= 80,4. Adapun prosentase nilai minimum 70 pada siklus I=42%, siklus II= 80,5%,siklus III= 100%, dan siklus IV= 100%.Kata kunci: andragogi, sains, Penelitan Tindakan Kelas (PTK).xiv

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, S. Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: andragogi, sains, Penelitan Tindakan Kelas (PTK).
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4039

Actions (login required)

View Item View Item