ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) PADA PEMILIHAN KOS DI SEKITAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Irsalina Santi Khasanah, 15650008 (2019) ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) PADA PEMILIHAN KOS DI SEKITAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) PADA PEMILIHAN KOS DI SEKITAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15650008_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN SENSITIVITAS METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) PADA PEMILIHAN KOS DI SEKITAR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15650008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode dalam sistem pendukung keputusan sangat beragam sehingga kita tidak dapat mengetahui metode mana yang paling relevan dalam menyelesaikan sebuah kasus. Dalam penelitian ini dengan kasus pemilihan kos disekitar UIN Sunan Kalijaga perlu adanya suatu metode yang relevan dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan kasus tersebut, namun banyak yang belum mengetahui metode yang paling relevan, oleh karena itu perlu adanya suatu analisis sensitivitas untuk mengetahui metode mana yang paling relevan pada kasus pemilihan Kos disekitar UIN Sunan Kalijaga . Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perbandingan pada metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode Weighted Product (WP) dalam pemilihan kos di sekitar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Analisis yang digunakan dalam perbandingan dua metode ini adalah analisis sensitivitas. Hasil akhir dari proses sensitivitas disini adalah semakin tinggi persentase perubahan rangking yang terjadi pada setiap proses perulangan, maka dapat dikatakan metode tersebut semakin sensitif dan berhak dipilih untuk menyelesaikan kasus tersebut. Analisis sesitivitas akan dilakukan pada 6 kali percobaan dengan mengubah nilai bobot mulai dari 1, 1.5, dan 2 dengan menaikan nilai bobot sebesar 0.5 dan 0.1 Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Analisis sensitivitas pada Metode SAW dengan 6 percobaan menghasilkan persentase sensitivitas sebesar 31.26% dan analisis sensitivitas pada Metode WP dengan 6 percobaan menghasilkan jumlah persentase sensitivitas sebesar 30.53%. Pada penelitian ini metode SAW memiliki nilai perubahan rangking dan persentase sensitivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan WP, sehingga pengambilan keputusan yang relevan dalam pemilihan kos di sekitar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat dilakukan dengan Metode SAW. Kata Kunci : Analisis Perbandingan, Analisis Sensitivitas, Kos, Simple Additive Weighting (SAW) , metode Weighted Product (WP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Mulyanto, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis Perbandingan, Analisis Sensitivitas, Kos, Simple Additive Weighting (SAW) , metode Weighted Product (WP).
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:18
Last Modified: 21 Aug 2020 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum