HUBUNGAN ANTARA LAYANAN PRIMA DAN USABILITY WEBSITE PERPUSTAKAAN DENGAN LOYALITAS PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

SRI UTARI, 17200010135 (2019) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN PRIMA DAN USABILITY WEBSITE PERPUSTAKAAN DENGAN LOYALITAS PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
17200010135_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA LAYANAN PRIMA DAN USABILITY WEBSITE PERPUSTAKAAN DENGAN LOYALITAS PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)
17200010135_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA LAYANAN PRIMA DAN USABILITY WEBSITE PERPUSTAKAAN DENGAN LOYALITAS PEMUSTAKA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)
17200010135_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan antara layanan prima dan usability website perpustakaan dengan loyalitas pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana layanan prima (X1), usability website perpustakaan (X2) dan loyalitas pemustaka (Y) di UPT Perpustakaan UNS Surakarta dan untuk mengetahui hubungan layanan prima (X1) dan usability website (X2) dengan loyalitas pemustaka (variabel Y) di UPT Perpustakaan UNS Surakarta. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional (associational research), menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 381 responden dari seluruh jumlah anggota perpustakaan (pemustaka) tahun 2018 yaitu 52.838 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner/ angket. Pengukuran data menggunakan skala likert. Uji validitas dengan rumus pearson product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Analisis data dibagi ke dalam tiga tahap: 1) Analisis deskriptif dengan rumus mean dan grand mean, 2) Uji korelasi menggunakan pearson product moment, dan 3) Uji hipotesis dengan membandingkan antara r table dan r hitung, diperoleh dari tabel r pada angka 378 dengan taraf kesalahan 1%. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) Tingkat layanan prima (X1) nilainya 3,28, terdapat pada interval 3,25<X≤4,00 sehingga dikategorikan sangat tinggi. 2) Tingkat usability website (X2) sebesar 3,12, terdapat pada interval 2,50<X≤3,25 sehingga dikategorikan tinggi. 3) Tingkat loyalitas pemustaka (Y), nilainya 3,225, terdapat pada interval 3,25<X≤4,00, sehingga dikategorikan sangat tinggi. 4) Terdapat hubungan antara layanan prima dengan loyalitas berdasarkan penghitungan koefisien korelasi sebesar 0,533, nilai tersebut berada pada rentang 0,40-0,599, artinya bahwa layanan prima dengan loyalitas memiliki korelasi sedang. 5) Terdapat hubungan antara usability website dengan loyalitas pemustaka di UPT Perpustakaan UNS Surakarta, berdasarkan penghitungan koefisien korelasi sebesar 0,598, nilai tersebut pada rentang 0,40-0,599, artinya bahwa korelasi usability website dengan loyalitas sedang. 6) Terdapat hubungan antara layanan prima dan usability website secara bersama-sama terhadap loyalitas pemustaka. Berdasarkan nilai koefisien korelasi antara variabel layanan prima dan usability website dengan variabel loyalitas yaitu sebesar 0,665, nilai tersebut lebih besar dari 0,132 (rtabel), nilai terletak pada rentang 0,60-0799, artinya bahwa korelasi antara layanan prima dan usability website dengan loyalitas kuat. Temuan yang menarik dari penelitian ini adalah loyalitas viii pemustaka erat kaitannya dengan layanan prima, usability website dan faktor-faktor lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: layanan prima, usability website, loyalitas pemustaka, perpustakaan perguruan tinggi
Subjects: PERPUSTAKAAN > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 14:08
Last Modified: 19 Aug 2020 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40443

Actions (login required)

View Item View Item