EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI I KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Lia Mega Sari, 17200010156 (2019) EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI I KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI I KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
17200010156_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI I KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
17200010156_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design one group pretest posttest yang bertujuan untuk menguji efektivitas konseling islam dengan teknik role play untuk menurunkan perilaku bullying siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII D di SMP Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta yang memiliki skor perilaku bullying tinggi berdasarkan hasil pretest dan wawancara guru BK. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala perilaku bullying, observasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik non parametrik uji wilcoxon signed ranks test. Berdasarkan hasil wawancara siswa dan guru BK, perilaku bullying yang dilakukan siswa yakni seperti memberi julukan nama, mengejek, berkata kasar, mengkritik teman. Penelitian ini menggunakan konseling islami dengan teknik role play untuk menyadarkan kepada konseli terkait perilaku negatif bullying yang harus ditinggalkan, serta mengajarkan dan memahamkan konseli terkait perilaku ihsan dalam ajaran Islam seperti bertutur kata baik, berkasih sayang, lemah lembut, rendah hati dan menjaga persaudaraan dengan menggunakan teknik role play. Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxon signed ranks test yaitu diperoleh nilai p = 0,012 nilai z = -2,527. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi ini lebih kecil dari < 0,05 (p-value < 0,05), yang artinya hipotesis diterima, dengan penurunan yang signifikan dari hasil pretest dengan posttest, didukung oleh hasil descriptive statistics bahwa hasil mean sebelum (pretest) 151,25 dan mean setelah (posttest) 117,63. Hasil penelitian juga didukung dengan materi terkait bullying dalam pandangan Islam serta pemahaman tentang perilaku ihsan dalam Islam yang dapat menyadarkan siswa bahwa bullying dilarang dan perilaku ihsan yang seharusnya dilakukan. Hasil observasi turut mendukung bahwa siswa memahami materi yang diberikan koselor dengan baik serta dapat mengerjakan tugas yang diberikan konselor, sehingga dari hasil wawancara konseli menyatakan bahwa setelah pemberian materi terkait pemahaman tentang larangan bullying dalam Islam dan pembelajaran perilaku ihsan dalam Islam melalui role play siswa menyatakan bahwa mereka mulai dapat mengevaluasi diri, mengurangi mengejek dan membiasakan bertutur kata baik dalam berinteraksi dengan temanya. Adanya dukungan dari hasil wawancara, observasi dan materi bullying dalam pandangan Islam serta perilaku ihsan dalam Islam yang disampaikan, semakin menunjukkan bahwa pemberian layanan konseling islam dengan teknik role play efektif untuk menurunkan perilaku bullying siswa SMP Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurjannah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bullying, Konseling Islam, Teknik Role Play
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 14:42
Last Modified: 19 Aug 2020 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40445

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum