EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA

Nihayah, 17200010166 (2019) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA)
17200010166_BAB-I _V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA)
17200010166_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Empati merupakan kunci untuk memahami perasaan orang lain sehingga anak mampu menunjukkan sikap peduli dan mau menolong temannya yang sedang mengalami kesulitan serta menunjukkan sikap toleransinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik storytelling berbantuan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan berempati siswa. Metode penentuan subyek didasarkan pada hasil observasi awal dan hasil pree test yang dilakukan sebelum melakukan penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B yang berjumlah 10 orang. Metode penelitian menggunakan Mixed Method desain Squential eksplanatory. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% (0,05) dengan N = 10 maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar dari nilai ttabel (t-hitung 11,54 > t-tabel 2,262), maka dapat disimpulkan bahwa: layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik storytelling berbantuan media audio visual efektif untuk meningkatkan kemampuan berempati siswa. Hal ini dikuatkan juga dari data hasil kualitatif awal yang menunjukkan bahwa siswa/siswi kurang peduli terhadap orang lain kemudian setelah diberikan treatment siswa/siswi mengalami peningkatan kepedulian untuk membantu orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Storytelling, Media Audio Visual, Empati.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 15:10
Last Modified: 19 Aug 2020 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum