VALIDITAS ISI UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2011-2012" DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

R. Umi, Baroroh (2013) VALIDITAS ISI UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2011-2012" DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. In: Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 235-263. ISBN 978-602-9073-47-8

[img]
Preview
Text (VALIDITAS ISI UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARANBAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2011-2012" DALAM PENDIDIKANKARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
document.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
surat-surat-pernyataan1597828297.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional diselenggarakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan agama Islam yang meliputi mata pelajaran Al Qur'an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab pada Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah. UAMBN ini telah diselenggarakan mulai tahun pelajaran 2009-2010. UAMBN tahun pelajaran 2011-2012 merupakan UAMBN ketiga dan mulai tahun pelajaran ini sistem penskoran dilakukan secara terpusat di MAPENDA eilayah. penelitian ini bertujuan untukmenjelaskan validitas isi soal UAMBN Bahasa Arab MI tahun pelajaran 2011-2012 tingkat kesesuaian butir soal dengan SK dan KD BAhasa Arab MI, bentuk-bentuk yangdiujikan, materi yangdiujikan, dan hasil UAMBN Bahasa Arab MI di DIY. Teori yang digunakan dalam penelitian iniada lima yaitu prinsip-prinsip evaluasi, validasi isi, macam-macam bentuk soal berdasarkan kompetisi pembelajaran Bahasa Arab, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Madrasah Tsanawiyah, Standar Isi (SI) Madrasah Ibtidaiyah peraturan pemerintah nomer 2 tahun 1089. jenis penelitiannyaadalah penelitian kuantitatif non eksperimental. Data dikumpulkan dengancara dokumentasi dan wawancara dan analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan konten analisis. Penelitian ini menemukan bahwa validitas isi soal UAMBN Bahasa Arab tahun 2011-2012 mata pelajaran bahasa Arab sangat tidak valid tetapi tingkat kesesuaian butir soal dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sangat valid. Kemahiran/ketrampilan berbahasa yang diujikan di dalam UAMBN bahasa Arab MI tahun pelajaran 2011-2012 adalah kemahiran qira'ah/ membaca jenis membaca diam 80% butir soal, ketrampilan kitabah 14% butir soal dan menterjemah dari kalimat berbahasa Arab ke kalimat berbahasa Indonesia sebanyak3 (6%)butirsoal. Ruang lingkup unsur-unsur bahasa yangdiujikan adalah pertama,kosa kata. Butir soal kosa kata mnanyakan perbendaharaan kata bahasa Arab atau arti kata bahasa Arab. Ada dua mode : 1) menanyakan perbendaharaan kata Arab dengan menunjukan sebuahgambar (14%),dan menanyakan arti kata bahasa Arab (perbendaharaan kata Arab) ke arti kata Indonesia dengan digaris bawahi (10%) dan menanyakan arti kata latin ke kata Arab (2%) dan 2) menanyakan kata ARayangtepat digunakan dalam sebuah konteks kalimat sempurna (25%). Kedua adalah struktur bahasaberupa kesesuaian antara subyek dalam katakerja mudari sejumlah dua soal (4%), kesesuaian antara subyek dengan kata kerja lampausebanyak2 soal (2%), ketepatan menggunakan ism isyarah sebanyak1 soal (2%) dan perubahan kata kerja darikata kerja lampau ke kata kerja sekarang 1 soal (2%). Ketrampilan berbahasa Arab yang diujikan adalah ketrampilan membaca dan menulis. Hasil UAMBN bahasa Arabpeserta didik Madrasah Ibtidaiyah tahun pe;ajaran 2011-2012 di Yogykarta adalah rata-rt hasil UAMBN bahasa Arab adalah 6,5.Nilai tertinggi 10 dan terendah 1,00

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: validitasisi, ketrampilan kitabah,ketrampilan qira'ah, unsur bahasa, struktur bahasa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Buku
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 19 Aug 2020 18:00
Last Modified: 19 Aug 2020 18:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum