ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR: ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI (Studi Kasus pada Bank Muamalat Kantor Cabang Yogyakarta)

LUTFIANA NUR AZIZAH, NIM: 15820086 (2019) ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR: ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI (Studi Kasus pada Bank Muamalat Kantor Cabang Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR: ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI (Studi Kasus pada Bank Muamalat Kantor Cabang Yogyakarta))
15820086_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR: ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI (Studi Kasus pada Bank Muamalat Kantor Cabang Yogyakarta))
15820086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (793kB)

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu energi terpenting yang dapat meningkatkan kinerja di suatu perusahaan. Dalam mengukur kinerja karyawan, diperlukan beberapa faktor antara lain; disiplin kerja, komitmen organisasional, dan organizational citizenship behavior (OCB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin kerja, komitmen organisasional, dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja karyawan di Bank Muamalat KC Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel independen, variabel intervening, dan juga variabel dependen. Variabel yang digunakan adalah variabel disiplin kerja dan komitmen organisasional sebagai variabel independen, organizational citizenship behavior (OCB) sebagai variabel intervening, dan kinerja sebagai variabel dependen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 58 responden. Teknis analisa yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif terhadap OCB, disiplin kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja, komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap OCB, komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap kinerja, disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja melalui OCB sebagai variabel penghubung, namun komitmen organisasional tidak berpengaruh terhadap kinerja melalui OCB sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si., Ak, CA
Uncontrolled Keywords: disiplin, komitmen, organizational citizenship behavior (OCB), kinerja.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 20 Aug 2020 07:03
Last Modified: 20 Aug 2020 07:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum