SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBYEK WISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS ANDROID

AJIE DWIHASTADI, 15650025 (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBYEK WISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBYEK WISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS ANDROID)
15650025_BAB I_BAB VII_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OBYEK WISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS ANDROID)
15650025_BAB II_S.D._BAB VI.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain terkenal akan keramahan kotanya, daerah ini juga terkenal akan keindahan alam dan banyaknya tempattempat yang menjadi objek wisata. Hampir di setiap tahun selalu ada objek wisata baru yang bermunculan di Yogyakarta. Hal yang menjadi kendala adalah terbatasnya waktu yang dimiliki oleh wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta. Maka dari itu, dengan waktu yang terbatas para wisatawan sulit untuk menentukan objek wisata mana saja yang akan mereka kunjungi. Penelitian yang akan dilakukan adalah membuat sistem pendukung keputusan untuk memilih objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan metode TOPSIS. Dalam perhitungannya, kriteria yang dipertimbangkan adalah jarak objek wisata dari wisatawan, harga tiket masuk, fasilitas, kemudahan transportasi, keindahan objek wisata, kebersihan dan keamanan objek wisata. Penelitian ini menghasilkan sistem yang dapat memberikan rekomendasi objek wisata kepada user dengan antarmuka yang sederhana. Hal ini berdasarkan pengujian usabilitas sistem, diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar responden setuju dengan sistem yang telah dibangun. Data hasil pengujian usabilitas menyatakan bahwa 37.2% responden sangat setuju, 58.8% responden menyatakan setuju, 3.3% responden menyatakan netral, 0.5% responden menyatakan tidak setuju, dan 0.0% responden menyatakan sangat tidak setuju. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Wisata, Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Mulyanto, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Wisata, Yogyakarta
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 21 Aug 2020 08:43
Last Modified: 21 Aug 2020 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum