ANALISIS KOMBINASI ALGORITMA HILL CIPHER DAN VIGENERE CIPHER UNTUK PENGAMANAN PESAN PADA METODE STEGANOGRAFI

Riko Putro Nugroho, 15650038 (2019) ANALISIS KOMBINASI ALGORITMA HILL CIPHER DAN VIGENERE CIPHER UNTUK PENGAMANAN PESAN PADA METODE STEGANOGRAFI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMBINASI ALGORITMA HILL CIPHER DAN VIGENERE CIPHER UNTUK PENGAMANAN PESAN PADA METODE STEGANOGRAFI)
15650038_BAB-I_VII_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMBINASI ALGORITMA HILL CIPHER DAN VIGENERE CIPHER UNTUK PENGAMANAN PESAN PADA METODE STEGANOGRAFI)
15650038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Analisis Kombinasi Algoritma Hill Cipher dan Vigenere Cipher untuk pengamanan pesan pada metode steganografi Least Significant Bit. Kombinasi algoritma kriptografi Hill Cipher dengan Vigenere Cipher dan metode steganografi Least Significant Bit ini diharapkan dapat memberikan proteksi ganda pada pesan rahasia. Dalam penelitian ini memanfaatkan kelebihan proses penyisipan pesan rahasia menggunakan metode steganografi Least Significant Bit. Tahapan proses ini, kunci dan pesan rahasia dienkripsi ke dalam kriptografi Vigenere Cipher kemudian enkripsi kriptografi Hill Cipher lalu pesan rahasia dan kunci yang terenkripsi disisipkan ke dalam gambar menggunakan metode steganografi Least Significant Bit. Sedangkan proses dekripsi, gambar yang telah disisipkan pesan rahasia akan dibaca kemudian didekripsi dengan memasukan kunci untuk mendapatkan pesan rahasia yang dienkripsi. Pada pengujian penelitian ini, dikembangkan aplikasi berbasis Android yang berhasil mengkombinasikan algoritma Kriptografi Vigenere Cipher, Hill Cipher dengan metode steganografi Least Significant Bit. Aplikasi ini dapat menyisipkan pesan rahasia yang berupa teks dalam media gambar berformat JPG, PNG. Kata Kunci: Kriptografi, Steganografi, Vigenere Cipher, Hill Cipher, Least Significant Bit, Keamanan Data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Bambang Sugiantoro, S.Si., MT
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kriptografi, Steganografi, Vigenere Cipher, Hill Cipher, Least Significant Bit, Keamanan Data.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 21 Aug 2020 09:37
Last Modified: 21 Aug 2020 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum