ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “LINNASYI’IN” JILID I DITINJAU DARI SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, REPITISI

Nurul Jannah Mujahidah, 15420093 (2019) ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “LINNASYI’IN” JILID I DITINJAU DARI SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, REPITISI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “LINNASYI’IN” JILID I DITINJAU DARI SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, REPITISI)
15420093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA_1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB “LINNASYI’IN” JILID I DITINJAU DARI SELEKSI, GRADASI, PRESENTASI, REPITISI)
15420093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Nurul Jannah Mujahidah. (15420093). Analisis Buku Pelajaran Bahasa Arab “Linnasyiin” Jilid I Ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, Repitisi karya Muhammad Ismail Shini dkk. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab “Linnasyiin” Jilid I, kesesuaiannya bagi pelajar non-Arab dan Analisis kesesuaian buku teks bahasa arab “Linnasyiin” dengan kondisi sosial budaya Indonesia berdasarkan seleksi, gradasi, presentasi dan repitisi buku ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka, sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif terkait buku tersebut, analisis tersebut dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1) menggali informasi terkait buku tersebut 2) menentukan teori sebagai pedoman analisis 3) mengkomparasikan materi buku teks dengan teori yang digunakan 4) mengklasifikasikan data berdasarkan pada kriteria yang ditentukan dalam rumusan masalah dan 5) menarik kesimpulan. xi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku pelajaran Bahasa Arab “Linnasyi‟in” Jilid I ini 1) memiliki karakteristik yaitu, buku ini menggunakan bahasa Arab fusha yang mendahulukan pelajar untuk memiliki pengetahuan bahasa Arab dan terdapat berbagai gambaran tentang pengetahuan umum, selain itu buku ini menunjukkan cara dan metode yang paling afdhol yang digunakan dalam belajar bahasa Arab bagi selain orang Arab dan menetapkan dari segi amaliyah bersama menjaga tabiat bahasa Arab dengan kekhususannya itu. 2) tahap penyajian materi dari tinjauan sosial melalui teori segi seleksi, gradasi, presentasi dan repitisi buku tergolong baik, karena sesuai dengan tujuan penyusunan buku, yaitu mahir dalam 4 hal, baik menyimak, bercakap, membaca dan menulis serta sesuai dengan sosial budaya di Indonesia. Kata Kunci : Analisis, Buku Pelajaran, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Adzfar Ammar., M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis, Buku Pelajaran, Bahasa Arab.
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 21 Aug 2020 12:16
Last Modified: 21 Aug 2020 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum