Dinamika Integrasi - Simbolik dan Integrasi - Substantif di Indonesia: dari Jawa -Sentris menuju Indonesia - Sentris

Siti Ruhaini Dzuhayatin, - (2019) Dinamika Integrasi - Simbolik dan Integrasi - Substantif di Indonesia: dari Jawa -Sentris menuju Indonesia - Sentris. In: Indonesia Pasca Jawa: Hasil Simposium Peneliti Jokowi I, II, dan III. Merial Books, Jakarta Selatan, pp. 97-121.

[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1598051938.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Dinamika Integrasi - Simbolik dan Integrasi - Substantif di Indonesia: dari Jawa -Sentris menuju Indonesia - Sentris)
Dinamika Integrasi-Simbolik dan Integrasi-Substantif di Indonesia dari Jawa-Sentris menuju Indonesia-Sentris.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia dan negara-negara pasca-kolonial merupakan entitas politik yang berbeda pada tradisi nation-state di Eropa, di mana suatu negara-bangsa dibentuk dari suatu ethno-religious centrism tertentu.17 Agustus 1945 merupakan proklamasi kemerdekaan“kenegaraan” (state) menandai berakhirnya dominasi politikkolonial atas “bangsa” Indonesia yang dilahirkan padatahun 1928 diatas Perbedaan ethno-religious centrism yangtelah ada seperti bangsa Jawa, Sumatra, Celebes, Ambondan sebagainya, pluralitas agama Islam, Kristen, Katolik,Budha, Hindu, Konghucu serta puluhan kepercayaan asliserta keaneka-ragaman budaya yang berjumlah sekitar 700jenis.Asia Tenggara menjadi ‘test case’ berikutnya bagikeberlangsungan suatu imaginasi negara-bangsa demokratisdalam kemajemukan premordial dan harus berjibakukesetaraan dan kesejahteraan yang menjadi pertaruhanrekatan kebangsaan. Dalam dinamika tersebut, kepemimpinan Indonesiaberlangsung silih berganti antara pimpinan sipil dan militerdengan corak politik, nuansa budaya serta narasikebangsaan yang beragam pula. Pergantian kepemimpinan di Indonesia, bagaimanapun,memiliki jejak-jejak kontestasi, negosiasi dan bahkanharmonisasi dari tarikan etno-sentrisme serta kepentingan nasional dari masa ke masa dan berkonstribusi terhadapeksistensi Indonesia dengan segala tantangannya, tidakterkecuali Presiden Joko Widodo atau yang lebih popular dipanggil “Jokowi”.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Indonesia; Pasca Jawa; Sejarah Indonesia
Subjects: Ilmu Sosial
Sejarah Indonesia
Divisions: Buku
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 22 Aug 2020 06:50
Last Modified: 05 Sep 2020 23:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum