ANALISIS DAYA SAING DAN PROSPEK EKSPOR KOPI INDONESIA DAN VIETNAM (Studi Kasus Negara Tujuan Ekspor Utama Kopi di Dunia)

HALIM TRI REJEKI, NIM. 15810019 (2019) ANALISIS DAYA SAING DAN PROSPEK EKSPOR KOPI INDONESIA DAN VIETNAM (Studi Kasus Negara Tujuan Ekspor Utama Kopi di Dunia). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DAYA SAING DAN PROSPEK EKSPOR KOPI INDONESIA DAN VIETNAM (Studi Kasus Negara Tujuan Ekspor Utama Kopi di Dunia))
15810019_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISIS DAYA SAING DAN PROSPEK EKSPOR KOPI INDONESIA DAN VIETNAM (Studi Kasus Negara Tujuan Ekspor Utama Kopi di Dunia))
15810019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR Fix revisi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan non migas Indonesia. Keberadaannya memberikan banyak peran penting, terutama sebagai sumber pendapatan devisa negara dengan ekspornya yang mampu menembus peringkat ke-4 di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Indonesia juga pernah mampu menembus peringkat pertama negara eksportir kopi terbesar di Asia Tenggara dan saat ini telah tergeser oleh Vietnam, yang dalam penelitian ini dijadikan sebagai negara pembanding untuk kekuatan daya saing ekspor kopi komoditas kopi dengan digit 6 HS 090111 (Coffee, not roasted, not decaffeinated Indonesia di negara tujuan utama, yakni Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, dengan dua pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitaif menggunakan metode RCA (Revealed Comparative Advantage) dan RSCA (Revealed Symmetric Comparative Advantage) dan metode Berlian Porter (Porter’s) untuk mengetahui tingkat keunggulan kompetitif. Adapun posisi pangsa pasar dan tingkat kedinamisan ekspor kopi Indonesia di dunia dan Amerika menggunakan metode analisis EPD (Export Product Dynamics). Prospek ekspor kopi dianalisis menggunakan metode trend Linier. Data yang digunakan adalah data sekunder time series tahun 2000-2016 dan forecasting dilakukan untuk 19 periode yakni sampai periode 2035. Hasil dari analisis RCA dan RSCA menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing komperatif kopi yang kuat baik untuk ekspor di Amerika Serikat ataupun dunia, karena nilai yang dicapai sudah lebih dari 1. Namun jika dibandingkan dengan Vietnam masih tertinggal jauh, baik untuk ekspor di dunia ataupun di Amerika xxv Serikat, walaupun importir terbesar kopi Indonesia adalah Amerika Serikat. Hasil analisis Berlian porter, menyatakan bahwa Indonesia memiliki keunggulan kompetitif pada sumber daya alamnya, modal yang sudah mulai dioptimalkan, kondisi permintaan baik domestik ataupun ekspor, persaingan struktur dan strategi, industri inti, pendukung dan terkait serta peluang yang dimiliki Indonesia. Hasil analisis EPD menunjukkan pangsa pasar ekspor kopi Indonesia dan Vietnam berada pada posisi “Rissing Star” dan berada pada pertumbuhan dinamis (Fast Growing Product), namun masih tetap unggul Vietnam. Prospek kopi untuk periode 19 tahun ke depan mengalami peningkatan pada setiap periodenya namun masih lebih besar Vietnam. Kondisi daya saing komperatif ekspor kopi, posisi pangsa pasar dan tingkat kedinamisan kemudian keunggulan kompetitif dan proyeksi Indonesia sudah berada pada posisi yang kuat akan tetapi masih tertinggal jauh dengan Vietnam oleh karenanya Indonesia perlu mengoptimalkan berbagai faktor baik dari pihak pemerintah (pemangku kebijakan), bibit yang unggul dan modal yang memadai, didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni dalam mengolah produktivitas kopi berbasis tekhnologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. SUNARYATI, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Daya saing, Komparatif, Kompetitif, EDP, Prospek kopi.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 23 Aug 2020 12:07
Last Modified: 23 Aug 2020 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40581

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum