KREATIVITAS GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 KALASAN

Yudha Fitriani, 17200011003 (2019) KREATIVITAS GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 KALASAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (KREATIVITAS GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
17200011003_BAB-1-BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
17200011003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalahprogram gerakan literasi sekolah untukmeningkatkan minat baca.Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru bimbingan dan konsleing dalam pengembangan gerakan literasi sekolah dan hasil kreativitas guru bimbingan dan konseling terhadap siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, guru pembina minat baca, dan siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah kreativitas guru bimbingan dan konsleing dalam pengembangan gerakan literasi sekolah dan hasil kreativitas guru bimbingan dan konseling terhadap siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru bimbingan dan konselingdalam pengembangan gerakan literasi sekolah yaitu dengan kreativitas berfikir divergen dan kreativitas berfikir konvergen. Berfikir secara divergen yaitu berupa pemberian motivasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan berbagai macam tahapan dan sesuai dengan kebutuhan siswa.Pemberian motivasi dilakukan secara klasikal, yaitu pada saat kegiatan literasi dan pemberianlayanan klasikal oleh kedua guru bimbingan dan konseling. Berfikir secara konvergen yaituberupa teknik biblioterapiyangdilakukan oleh kedua guru bimbingan dan konseling saat proses konseling individu dan pada saat layanan klasikal. Sedangkan hasil kreativitas guru bimbingan dan konseling terhadap siswa yaitu peningkatan minat bacasiswa. Hasil kreativitas siswa mengenai peningkatan minat baca, antara lainkarya bukudan resensi buku, peningkatan laporan pengunjung dan peminjaman buku di perpustakaan,siswa mengikuti perlombaan minat baca, dan usulan pengadaan buku di perpustakaan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. SriSumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru Bimbingan dan Konseling, Gerakan Literasi Sekolah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:20
Last Modified: 16 Nov 2020 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum