RESEPSI ESTETIS DALAM AL-QUR’ANUL KARIM BACAAN MULIA DAN AL-QUR’AN BERWAJAH PUISI KARYA HB. JASSIN

MUHAMMAD KHOLIL, NIM. 11531015 (2019) RESEPSI ESTETIS DALAM AL-QUR’ANUL KARIM BACAAN MULIA DAN AL-QUR’AN BERWAJAH PUISI KARYA HB. JASSIN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RESEPSI ESTETIS DALAM AL-QUR’ANUL KARIM BACAAN MULIA DAN AL-QUR’AN BERWAJAH PUISI KARYA HB. JASSIN)
11531015_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI ESTETIS DALAM AL-QUR’ANUL KARIM BACAAN MULIA DAN AL-QUR’AN BERWAJAH PUISI KARYA HB. JASSIN)
11531015_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari asumsi bahwa sejak pertama kali diwahyukan Al-Qur’ān telah mengalami pergumulan respons yang begitu kompleks. Mulai dari respons yang bersifat doktrinal, spiritual, etis, estetis, hermeneutis, fungsional, kultural, politis, ekonomis, pragmatis, magis, dan lain sebagainya. Beragam respons-perlakuan tersebut kini menjadi bidang kajian dalam studi Al-Qur’ān. Sebuah kajian yang tidak lagi menempatkan teks Al-Qur’ān sebagai objek utamanya, melainkan lebih menekankan pada respons-perlakuan subjek/reader terhadapnya. Kajian ini berangkat dari kesadaran bahwa konsepsi, definisi, deskripsi, abstraksi, interpretasi dan hal-hal mengenai suatu objek— dalam hal ini Al-Qur’ān—tidak bisa dilepaskan dari peranan subjek/reader, baik individual maupun komunal. Dan di paruh kedua abad ke-20, H.B. Jassin, sastrawan asal Indonesia, melakukan ijtihad. Ia mencoba menempatkan Al-Qur’ān dalam kerangka padanan fungsional-estetisnya melalui: (1) Al-Qur’ānul Karīm Bacaan Mulia, sebuah terjemahan puitis Al-Qur’ān; dan (2) Al-Qur’ān Berwajah Puisi, sebuah mushaf dengan layout atau tipografi puitis. Boleh dikata, ijtihad tersebut cukup berani dan menantang. Dan kemudian terbukti secara de facto bahwa ijtihad Jassin tersebut menuai polemik. Bagi penulis, ijtihad Jassin tersebut masuk dalam kategori resepsi H.B. Jassin sebagai reader terhadap Al-Qur’ān Oleh karena itu, penelitian ini tidak hendak membicarakan polemik dua karya Jassin. Tidak pula mengkaji satu per satu karya Jassin secara detail dalam kerangka ‘studi kasus teks’. Akan tetapi, penelitian ini lebih hendak mengungkap struktur resepsi Jassin dan signifikansinya dalam wacana studi Al-Qur’ān. Kata Kunci: H.B. Jassin, Al-Qur’ānul-Karīm Bacaan Mulia, Al-Qur’ān Berwajah Puisi, Resepsi, Terjemahan, Mushaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Afdawaiza, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: H.B. Jassin, Al-Qur’ānul-Karīm Bacaan Mulia, Al-Qur’ān Berwajah Puisi, Resepsi, Terjemahan, Mushaf.
Subjects: Tafsir Al-Qur'an > Tafsir Al Qur'an - Metode
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Aug 2020 12:56
Last Modified: 26 Aug 2020 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum