PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DI KELAS 5 SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL

Ika Fadilah Ratna Sari, NIM: 17204080042 (2019) PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DI KELAS 5 SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DI KELAS 5 SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL)
17204080042_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DI KELAS 5 SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL)
17204080042_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Ika Fadilah Ratna Sari. Pembelajaran Tematik Dalam Menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) di Kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul. Tesis Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. HOTS pada siswa mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Banyak ditemukan masalah di sekolah yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang kaku mengakibatkan kurang maksimalnya prestasi belajar siswa. Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul merupakan salah satu lembaga luar sekolah yang mengembangkan HOTS dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu tujuan dilaksanakannya pembelajaran tematik di Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantuk adalah untuk mengembangkan HOTS (High Order Thinking Skills) pada sebuah peristiwa alam di kehidupan sehari-hari. HOTS (High Order Thinking Skills) di Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul dikembangkan agar lulusan dari sanggar mampu bersaing dan dapat menciptakan lapangan kerja di kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) dan dampak pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) bagi siswa kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah pendiri, ketua PKBM, fasilitator dan siswa kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. HOTS adalah tahapan kognitif meliputi menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Diharapkan tahapan HOTS tersebut dapat menumbuhkan kemampuan menalar, berfikir kritis, memecahkan masalah, berargumentasi, metakognisi serta transfer pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran tematik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran dengan proses pembelajaran yang bermakna disesuaikan dengan perkembangan siswa sehingga memberikan pengalaman belajar langsung bagi siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) di kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul dilaksanakan dengan melalui tiga tahap yaitu: tahap pendahuluan berbasis HOTS, tahap inti berbasis HOTS, dan tahap penutup berbasis HOTS. Kedua, dampak pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) pada siswa kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul yaitu: kemampuan pemecahan masalah, kemampuan kreativitas, kemampuan berfikir kritis, kemampuan kolaborasi, kemampuan komunikasi, keterampilan menggunakan informasi, media dan teknologi, pembentukan karakter, dan nilainilai spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Prastowo, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 27 Aug 2020 10:40
Last Modified: 27 Aug 2020 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum