PERSEPSI PESERTA QARYAH THAYYIBAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Karang Tengah Imogiri Kabupaten Bantul)

AHMAD BAHRIYANTO, 1620311006 (2019) PERSEPSI PESERTA QARYAH THAYYIBAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Karang Tengah Imogiri Kabupaten Bantul). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI PESERTA QARYAH THAYYIBAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Karang Tengah Imogiri Kabupaten Bantul))
1620311006_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI PESERTA QARYAH THAYYIBAH TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Karang Tengah Imogiri Kabupaten Bantul))
1620311006_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Qaryah Thayyibah merupakan program organisasi „Aisyiyah yang berupaya mewujudkan suatu perkampungan atau desa dimana masyarakatnya benar-benar menjalankan ajaran Islam secara total (kaffah), baik dalam persoalan hablun minallah maupun dalam persoalan hablun minannas dalam berbagai bidang, seperti bidang akidah, ibadah, akhlak, ibadah, dan muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa persepsi peserta Qaryah Thayyibah di Karang Tengah Imogiri Kabupaten Bantul tentang hak dan kewajiban suami isteri dalam rumah tangga dan bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban tersebut dalam rumah tangga peserta Qaryah Thayyibah. Untuk menjawab persolan tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan (field reasech). Adapun metode dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, setelah mengikuti pembinaan Qaryah Thayyibah persepsi atau pemahaman peserta Qaryah Thayyibah menjadi lebih baik terkait hak dan kewajiban suami isteri, di samping itu pemahaman serta pemenuhan hak dan kewajiban tersebut juga sudah mengarah kepada arah berkesetaraan dan berkeadilan gender. Kedua, menurut para peserta Qaryah Thayyibah banyak hal harus dilakukan agar hak dan kewajiban suami isteri dalam rumah tangga dapat berjalan dengan baik, misalnya dalam hal kewajiban bersama menjaga hubungan baik suami isteri, dapat dilakukan dengan membudayakan sikap keterbukaan dan musyawarah dalam rumah tangga, saling menyayangi, mengasihi, saling menghargai, menghormati, saling memberi perhatian, menjadi pribadi yang sabar dan pemaaf, saling membentu, dan lain sebagainya. Ketiga, dalam hal pemenuhan hak dan kewajiban suami isteri peserta Qaryah Thayyibah secara umum sudah terpenuhi dengan baik dan sesuai dengan perintah Islam, yaitu berdasarkan atas kemaslahatan bersama suami dan isteri, dalam arti lain berkesetaraan dan berkeadilan gender. Namun demikian, pemenuhan tersebut disesuaikan dengan kemampuan suami isteri serta disesuaikan dengan kebutuhan bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Ro'fah, MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Qaryah Thayyibah, keluarga Islam, relasi suami istri
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Keluarga
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 28 Aug 2020 09:42
Last Modified: 28 Aug 2020 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40651

Actions (login required)

View Item View Item