IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM S1 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

Moh. Sobakhul Mubarok, 1620410016 (2019) IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM S1 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM S1 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA)
1620410016_BAB-I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM S1 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA)
1620410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (891kB)

Abstract

Pendidikan Tinggi Indonesia saat ini memiliki tantangan dalam mencetak lulusan yang berkualitas, berkepribadian unggul dan memiliki daya saing baik kancah nasional maupun internasional. Problem ini menjadi perhatian penting bagi pengelola pendidikan tinggi khususnya pada level jurusan atau program studi. Program studi MPI S1 UIN Sunan Kalijaga melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan Pengembangannya, diantaranya yaitu dengan cara implementasi xxix perencanaan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis proses penyusunan perencanaan strategis, 2) Menganalisis strategi implementasi perencanaan strategis, 3) Menganalisis evaluasi dan implikasinya terhadap pengembangan program studi MPI S1 UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan analisis peneliti dengan menggunakan konsep Renstra J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Penyusunan melalui 2 tahap yaitu: a) Analisis lingkungan internal dan eksternal dengan analisis SWOT, xxx melibatkan stakeholders, mengkaji faktor yang mempengaruhi, menjaring informasi kondisi program studi saat ini dan kedepannya; b) Perumusan strategi, yang dilakukan oleh tim, menyesuaikan kondisi program studi serta focus pada target yang akan dicapai. Kedua, Teknik implementasi dengan 2 cara yaitu: a) Membentuk tim pokok, melakukan pengumuman program kepada tim, mengadakan rapat koordinasi, dan memberikan tugas sesuai bidangnya; b) memaksimalkan sumberdaya dengan menganggarkan biaya implementasi program dan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Ketiga, a) Evaluasi internal dan eksternal dengan cara mengevaluasi proses, evaluasi lulusan setiap tahun, melihat keprofesionalan dosen, mengevaluasi prestasi, dan monitoring yang dilakukan oleh BAN PT; b) Implikasi, program dan target capaian selama lima tahun (2016-2020) tersusun secara rapi dan jelas. Akreditasi prodi dapat mempertahankan xxxi predikat A dari BAN-PT. Memudahkan prodi dalam menganalisa perkembangan dan menjadi acuan untuk target capaian berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategic management, Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen pendidikan tinggi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 28 Aug 2020 09:50
Last Modified: 28 Aug 2020 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum