EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Bayu Okta Rizkyawan, 12600042 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA)
12600042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA)
12600042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa daripada pembelajaran konvensional. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran discovery learning terhadap aktivitas belajar siswa daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran discovery learning dan variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ummah Kotagede, Yogyakarta dengan sampel penelitian kelas VII C dan VII B. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode pembelajaran discovery learning. Sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest-posttest kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, prescale-postscale aktivitas belajar siswa, RPP kelas eksperimen, RPP kelas kontrol, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 24.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran discovery learning lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa daripada pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran discovery learning lebih efektif terhadap aktivitas belajar siswa daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Aktivitas Belajar.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 28 Aug 2020 11:30
Last Modified: 17 Sep 2020 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum