PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING

TULILAHI RUBIULAWAL, 12600029 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING)
12600029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING)
12600029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa serta mengetahui dan menelaah ada atau tidak adanya perbedaan antara peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan Resource Based Learning dibandingkan dengan peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Tempel, dengan sampel siswa kelas VII C dan VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis dan skala disposisi matematis. Data dianalisis menggunakan anova dua jalur dan sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi maupun disposisi matematis siswa. Terdapat perbedaan antara peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan Resource Based Learning dibandingkan dengan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, namun tidak terdapat perbedaan antara peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan Resource Based Learning dibandingkan dengan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Pendekatan Resource Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Pendekatan Resource Based Learning
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 28 Aug 2020 11:53
Last Modified: 28 Aug 2020 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40664

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum