PROGRAM BAZNAS PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS KAMPUNG ZAKAT SORGUM DI DESA BERUAS)

BAPAQIH ALZIKRI, NIM. 17208010002 (2019) PROGRAM BAZNAS PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS KAMPUNG ZAKAT SORGUM DI DESA BERUAS). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROGRAM BAZNAS PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS KAMPUNG ZAKAT SORGUM DI DESA BERUAS))
17208010002_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM BAZNAS PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS KAMPUNG ZAKAT SORGUM DI DESA BERUAS))
17208010002_II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Melemahnya perekonomian masyarakat di Bangka Belitung dalam beberapa tahun terakhir membuat BAZNAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merilis program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan program kampung zakat sorgum terutama di Desa Beruas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada para narasumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, pihak ketiga mengajukan proposal ke BAZNAS, kedua, penetapan desa dan mustahik, ketiga survey lapangan, keempat, penyerahan bantuan dana BAZNAS, dan kelima, proses pendampingan. Beberapa kendala dalam pelaksanaan program ini adalah pemahaman masyarakat yang masih kurang terhadap program baru tersebut, kendala di lahan, burung pipit, dan tikus. Peluang pada program pemberdayaan sorgum ini cukup besar untuk dikembangkan karena mayoritas masyarakat yang sebelumnya petani, kesuburan tanah, adanya pabrik yang dibangun untuk pengolahan sorgum. Tantangannya ada pada masyarakat yang masih belum yakin akan produktivitas program sorgum tersebut kedepannya dikarnakan program yang masih baru dan masa uji coba.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. SUNARYATI, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Mustahik, Sorgum
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 30 Aug 2020 10:37
Last Modified: 30 Aug 2020 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40704

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum