PERAN ORGANISASI MUSLIM ATTORNEY CENTER FUONDATION (MAC) DALAM PENDAMPINGAN KORBAN PELANGGARAN HAM DI PATANI, THAILAND SELATAN

MISS. SURIYANEE BAHARO, NIM. 13340147 (2019) PERAN ORGANISASI MUSLIM ATTORNEY CENTER FUONDATION (MAC) DALAM PENDAMPINGAN KORBAN PELANGGARAN HAM DI PATANI, THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI MUSLIM ATTORNEY CENTER FUONDATION (MAC) DALAM PENDAMPINGAN KORBAN PELANGGARAN HAM DI PATANI, THAILAND SELATAN)
13340147_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI MUSLIM ATTORNEY CENTER FUONDATION (MAC) DALAM PENDAMPINGAN KORBAN PELANGGARAN HAM DI PATANI, THAILAND SELATAN)
13340147_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Lembaga Bantuan hukum Merupakan suatu organisasi yang dapat digunakan oleh semua orang dalam rangka menuntuk haknya atas adanya perlakuan yang tidak sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Hal ini disadari oleh arti pentingnya perlingdungan hukum bagi setiap insan manusia sebagai subjek hukum menjamin adanya penegak hukum. Peran Organisasi Muslim Attorney Center Foundation (MAC) dalam memberikan bantuan hukum terhadap orang Melayu muslim Patani, Thailand Selatan yang tidak mampu dalam proses perkara pelanggaran HAM dan memberi ilmu tentang hukum yang berlaku di Patani, Thailand Selatan. yaitu Undang-Undang Darurat Khusus yang meliputi 3 (tiga) aturan sebagai berikut, Undang-undang Darurat militer tahun 2004, Undang-undang Dikri Darurat tahun 2005, Undang-undang Keamanan Internal tahun 2008. Permasahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana bentukbentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Patani, Thailand Selatan! Bagaimana peran MAC (Muslim Attorney Center Foundation) dalam memproses Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Patani Thailand Selatan! Tujuan penelitian ini dalam mengetahui pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Patani, Thailand Selatan, dan mengetahui peran organisasi MAC (Muslim Attorney Center Foundation) dalam memproses pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah Organisasi Muslim Attorney Center Foundation (MAC) Patani, Thailand Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan pengurus di Organisasi Muslim Atorney Center Foundation Patani, Thailand Selatan, masyarakat Melayu Muslim Patani, Thailand Selatan, serta dokomentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk pelanggaran hak asasi manusia di Patani, Thailand Selatan ada yang bentuk penahanan sewenangwenang dan penyisa sewenang-wenangnya. Peran Organisasi Muslim Attorney Center Foundation (MAC) dalam memproses pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Patani, Thailand Selatan adalah dengan memberi bantuan tersangka dalam bidang pengadilan dan membantu masyarakat untuk memahani hak asasi manusia (HAM) melalui kegiatan kalam rakyat. Kata Kunci: Muslim Attorney Center Foundation (MAC), Pelanggaran HAM, Patani, Thailand Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. AHMAD BAHIEJ, SH, M.HUM
Uncontrolled Keywords: Muslim Attorney Center Foundation (MAC), Pelanggaran HAM, Patani, Thailand Selatan.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:21
Last Modified: 16 Nov 2020 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum