PENGARUH RELIGIUSITAS DALAM MEMBANGUN PERILAKU SOSIAL ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Rizma Nastiti Kurnianingrum, NIM. 16540053 (2020) PENGARUH RELIGIUSITAS DALAM MEMBANGUN PERILAKU SOSIAL ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RELIGIUSITAS DALAM MEMBANGUN PERILAKU SOSIAL ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
16540053_BAB-1_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RELIGIUSITAS DALAM MEMBANGUN PERILAKU SOSIAL ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL (RPS) SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA)
16540053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena anak jalanan saat ini menjadi permasalahan yang terdapat di setiap kota, terutama kota dengan padat penduduk. Permasalahan sosial yang muncul pada anak-anak di bawah umur dan seharusnya mendapatkan perlindungan baik secara pendidikan maupun keagamaan yang mencukupi karena dapat mempengaruhi perilaku sosial dalam diri anak, yang nyatanya anak-anak tersebut harus merasakan kerasnya hidup di jalan. Dibangunnya Rumah Perlindungan Sosial adalah langkah yang terbaik untuk menyelamatkan kehidupan mereka di masa depan. Fokus penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dalam upaya membentuk perilaku sosial pada anak anak jalanan yang berada di Rumah Perlindungan Sosial. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dalam membangun perilaku sosial dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Rumah Perlindungan Sosial. Penulis menggunakan teori Religiusitas dari Glock and Stark dan teori Perilaku Sosial dari Baron dan Byrne. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara/partisipasi, dan dokumentasi langsung di lapangan dari responden 1 Manager Rumah Perlindungan Sosial, 1 Pimpinan Rumah Perlindungan Sosial, 3 Pekerja Sosial (Pendamping Sosial, Pedamping Religi, Psikiater), dan 1 Anak Jalanan. Hasil yang ditemukan: 1) anak jalanan mendapatkan peningkatan pengamalan dan pengetahuan keagamaan yang dapat membangun perilaku sosial positif setelah berada di Rumah Perlindungan Sosial; 2) perilaku seseorang yang baik dan teratur bisa dilihat dari seberapa dalam mengerti mengenai agama dan memahami hakekat manusia sebagai makhluk religiusitas harus melaksanakan pedoman dari ajaran-ajaran agama yang dipercayainya; 3) dalam setiap proses pembentukan pribadi terlebih menyangkut perilaku sosial dan agama tentu tidak terlepas dari adanya faktor-faktor yang mempengaruhi dan menjadikan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag, M.Pd, M.A,
Uncontrolled Keywords: Anak Jalanan, Religiusitas, Perilaku Sosial, Rumah Perlindungan Sosial
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:41
Last Modified: 31 Aug 2020 12:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum