ANALISIS PENGARUH SOSIAL, RELIGIUSITAS, DAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI PERBANKAN SYARIAH CABANG YOGYAKARTA

SINTA ARDHILLATUL JANNAH, NIM. 17208010013 (2019) ANALISIS PENGARUH SOSIAL, RELIGIUSITAS, DAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI PERBANKAN SYARIAH CABANG YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH SOSIAL, RELIGIUSITAS, DAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI PERBANKAN SYARIAH CABANG YOGYAKARTA)
17208010013_BABI_V_DAFTAR PUSTAKA_.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH SOSIAL, RELIGIUSITAS, DAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI PERBANKAN SYARIAH CABANG YOGYAKARTA)
17208010013_BAB II, BAB III, BAB IV_.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun model konseptual dan empiris tentang peran pengaruh sosial, religiusitas, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan sikap dalam penerimaan teknologi informasi di perbankan syariah. Penelitian ini berbeda dari penelitian sebelumnya dalam hal-hal berikut: penelitian ini membangun model teoritis perilaku penerimaan teknologi informasi dengan mengintegrasikan variabel pengaruh sosial dan religiusitas dengan penerimaan teknologi. Model technology acceptance model (TAM). Ada tujuh variabel laten dalam penelitian ini, yaitu pengaruh sosial, religiusitas, manfaat yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, niat perilaku dan penggunaan aktual. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekplanatori dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden Bank muamalat dan BNI Syariah cabang Yogyakarta dengan menyebar kuesioner. Terdapat 185 sampel penelitian yang dianalisis menggunakan metode PLS dengan software warpPLS. Temuan penelitian ini mencakup tujuh item. Pertama, penelitian ini menunjukkan persepsi manfaat berhubungan secara positif dan signifikan dengan sikap. Kedua, persepsi kemudahan pengguna berhubungan secara positif dan signifikan dengan persepsi manfaat yang dirasakan. Ketiga, persepsi kemudahan pengguna berhubungan secara positif dan signifikan dengan sikap. Keempat, sikap berhubungan secara positif dan signifikan dengan minat perilaku penerimaan mobile banking. Kelima, pengaruh sosial berhubungan secara positif dan signifikan dengan sikap. Keenam, pengaruh sosial berhubungan secara positif dan signifikan dengan minat perilaku penerimaan mobile banking. Ketujuh, religiusitas berhubungan secara positif dan signifikan dengan minat perilaku penerimaan mobile banking. Kedelapan, minat perilaku berhubungan secara positif dan signifikan dengan perilaku penggunaan mobile banking. Dengan demikian, variabel eksternal yang ditambahkan dalam model technology acceptance model (TAM) memperkuat model teoritis yang dibangun dalam tesis ini tentang peran pengaruh sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. SLAMET HARYONO, SE.,M.S.SI
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), Pengaruh Sosial, Religiusitas, Partial Least Square (PLS).
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 01 Sep 2020 10:17
Last Modified: 01 Sep 2020 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum