PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BERUANG PINTAR (BELAJAR BANGUN RUANG PINTAR)” UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP

Ulya Za’im Luthfya, 15600028 (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BERUANG PINTAR (BELAJAR BANGUN RUANG PINTAR)” UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BERUANG PINTAR (BELAJAR BANGUN RUANG PINTAR)” UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP)
15600028_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BERUANG PINTAR (BELAJAR BANGUN RUANG PINTAR)” UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP)
15600028_BAB II_sampai_BAB SEBELUM TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang berkualitas sebagai media pembelajaran mandiri untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Game edukasi ini berisikan materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D. Tahapan 4D meliputi define, design, development dan disseminate. Penelitian ini tidak menyertakan disseminate karena tidak dilakukan simulasi terhadap pembelajaran. Kriteria ketercapaian kualitas adalah pada validasi dinyatakan valid oleh ahli serta pada uji coba dinyatakan praktis oleh siswa. Hasil dari penelitian ini adalah berupa game edukasi yang digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Game edukasi ini telah melalui validasi oleh 3 orang ahli materi dengan persentase rata-ratas 86,85% (Sangat Baik) dan oleh 3 orang ahli media dengan persentase rata-rata sebanyak 86,74% (Sangat Baik) sehingga dikatakan valid. Game edukasi ini telah melalui uji coba sebanyak dua kali yaitu kepada 4 siswa kemudian diujicobakan pada satu kelas. Respon siswa pada uji coba memperoleh persentase 81% (Setuju) sehingga dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi BERUANG PINTAR telah layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk memfasilitasi pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Game edukasi, Pemahaman Konsep
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:28
Last Modified: 17 Sep 2020 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum