PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN CALON JAMAAH IBADAH UMROH OLEH PENYELENGGARA BIRO PERJALANAN MT. AMANAH

DWI PUTRI GUNAWAN, NIM.15340083 (2019) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN CALON JAMAAH IBADAH UMROH OLEH PENYELENGGARA BIRO PERJALANAN MT. AMANAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN CALON JAMAAH IBADAH UMROH OLEH PENYELENGGARA BIRO PERJALANAN MT. AMANAH)
15340083_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN CALON JAMAAH IBADAH UMROH OLEH PENYELENGGARA BIRO PERJALANAN MT. AMANAH)
15340083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perlindungan konsumen sangat dibutuhkan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen agar hak-haknya terpenuhi.Mengikuti perkembangan dari perekonomian yang modern membuat kebutuhan hidup manusia meningkat, persaingan antara para pelaku usahapun menjadi sangat sengit dan tidak sedikit konsumen yang dirugikan oleh perbuatan pelaku usaha yang berbuat kecurangan.MT. Amanah sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah dimana dalam melaksanakan kegiatannya melakukan perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan calon jamaah umroh mengalami kerugian.Bentuk kerugian yang dialami oleh calon jamaah umrah yaitu banyak dari calon jamaah belum diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dari latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini akan membahas apakah penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh yang dilakukan oleh MT. Amanah sudah sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 dan bagaimana upaya penyelesaian hukum yang dilakukan oleh Lembaga Konsumen Yogyakarta terhadap biro umroh MT. Amanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mencari data langsung ke lapangan di Lembaga Konsumen Yogyakarta melalui cara pengumpulan data dan wawancara dengan pihak terkait. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perjanjian, teori perlindungan hukum dan teori keadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MT. Amanah dalam memberikan pelayanan jasa umroh tidak sesuai dengan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena karena MT. Amanah belum mendaftarkan ijin kegiatan usahanya ke Kementerian Agama dan banyak melanggar ketentuan perbuatan yang dilarang oleh pelaku usaha. Upaya penyelesaian hukum yang dilakukan oleh Lembaga Konsumen Yogyakarta yaitu klarifikasi, mediasi dan kesepakatan perdamaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FAISAL LUQMAN HAKIM S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Umrah, Jamaah Umrah
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:22
Last Modified: 16 Nov 2020 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum