MEKANISME PENDISIPLINAN DALAM LAYANAN PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus Keterlambatan Pengembalian Buku Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Najmi Fuady, 17200010022 (2019) MEKANISME PENDISIPLINAN DALAM LAYANAN PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus Keterlambatan Pengembalian Buku Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MEKANISME PENDISIPLINAN DALAM LAYANAN PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus Keterlambatan Pengembalian Buku Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17200010022_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MEKANISME PENDISIPLINAN DALAM LAYANAN PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus Keterlambatan Pengembalian Buku Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17200010022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam rezim disiplin, kuasa tersebar di mana-mana, dipraktikkan dengan rangkaian mekanisme guna menghasilkan tubuh yang patuh serta berguna. Hal ini juga terjadi di perpustakaan. Relasi kuasa antara perpustakaan dan pemustaka memiliki aspek yang sesungguhnya politis dan penuh strategi. Dalam layanan peminjaman buku di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga misalnya, pemustaka dihadapkan dengan kuasa perpustakaan yang terbungkus dalam rangkaian mekanisme pendisiplinan melalui kebijakan dan fasilitas yang dioperasikan. Meskipun hal itu sudah dioperasikan sedemikian rupa, perpustakaan nyatanya belum mampu menghasilkan tubuh pemustaka yang patuh secara merata karena masih ada pemustaka yang melakukan resistances terhadap kuasa perpustakaan dengan mengembalikan buku lewat dari batas waktu yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pendisiplinan seperti apa yang digunakan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan bagaimana hal itu beroperasi untuk mendisiplinkan pemustaka dalam layanan peminjaman buku. Setelah diketahui, akan dianalisis mengapa dalam praktiknya masih ada pemustaka yang terlambat mengembalikan buku. Untuk menjawab permasalahan di atas menggunakan konsep disciplinary power Michel Foucault. Penelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologis-konstruksionis yang berfokus pada studi kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive dan snowball. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan, pertama, mekanisme pendisiplinan tubuh yang digunakan perpustakaan adalah pengawasan hierarki, normalisasi dan examination atau pemeriksaan. Kedua, mekanisme pendisiplinan dilakukan secara berkesinambungan hingga menjadi kebiasaan sehari-hari bagi pemustaka saat meminjam buku, dimulai dari penanaman power of knowledge melalui user education, menempatkan pemustaka yang ingin meminjam buku ke lantai tiga di ruang sirkulasi, mendokumentasikan transaksi peminjaman pemustaka melalui MPS, menghadapkan pemustaka kepada tata aturan peminjaman buku dan hukuman, melakukan pemeriksaan dalam layanan pengembalian buku dan terakhir melakukan pengawasan melalui denda. Ketiga, keterlambatan pengembalian buku oleh pemustaka disebabkan panoptisisme yang tidak maksimal karena denda yang tidak memberikan efek jera dan print receipt sebagai instrumen pendisiplinan yang juga tidak bekerja maksimal karena memiliki banyak kelemahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Roma Ulinnuha, SS., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kuasa Disiplin, Mekanisme Pendisiplinan, Panoptisisme, Layanan Peminjaman Buku
Subjects: Perpustakaan > Sirkulasi - Peminjaman - Pengembalian
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 03 Sep 2020 09:58
Last Modified: 03 Sep 2020 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum