ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI JANTUNG PERGURUAN TINGGI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGITEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL +TM

Didik Subagia, 17200010032 (2019) ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI JANTUNG PERGURUAN TINGGI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGITEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL +TM. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI JANTUNG PERGURUAN TINGGI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGITEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL +TM)
17200010032_BAB-1_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI JANTUNG PERGURUAN TINGGI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGITEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA DENGAN METODE LIBQUAL +TM)
17200010032_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa Perpustakaan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta belum pernah dilakukan analisis dengan menggunakan metode LibQual +TM, penilaian secara singkat dengan subjek terbatas yang telah dilakukan melalui kotak saran dan kritik menunjukkan masih ada beberapa komponen kualitas yang belum memenuhi kepuasan pelanggan, meliputi desain ruang Perpustakaan monoton, ruang Perpustakaan masih kurang luas, sinyal wifi terkadang lambat, bukunya kurang lengkap, fasilitas Perpustakaan untuk pengguna perlu ditambah lagi seperti mesin foto copy dan televisi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut apa saja yang perlu ditingkatkan oleh Perpustakaan guna terciptanya kepuasan pemustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Penelitian ini menggunakan penilaian atas harapan minimum, harapan ideal, dan persepsi atas pertanyaan kepada pemustaka yang sesuai dengan indikator pada metode LibQual+TM, dari hasil penelitian berupa penilaian dengan menggunakan skala 1-9 dan skala perioritas perbaikan layanan sesuai dengan hasil perhitungan harapan minimum, harapan ideal, dan kesenjangan.Hasil penelitian ini bahwa pada pemustaka merasa layanan Perpustakaan telah melampaui/melebihi harapan minimal, meskipun demikian layanan Perpustakaan masih belum memenuhi harapan ideal sehingga layanan belum dikatakan unggul, berdasarkan kesenjangannya nilai paling tinggi ada pada indikator kedua yaitu pustakawan memberikan layanan Perpustakaan dengan perhatian dengan AG sebesar 0.26 dan SG sebesar -0.09 sedangkan kualitas layanan paling rendah pada indikator kesembilan yaitu Perpustakaan berada di lokasi yang strategis dengan AG 0.02 dan SG -0.05. Kontribusi untuk Perpustakaan bahwa diperioritaskan Perpustakaan dibangun ditempat yang startegis dengan harapan jumlah pengunjung dan pengguna dalam mencari referensi lebih cepat dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Layanan perpustakaan, kepuasan pemustaka, metode Libqual
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:19
Last Modified: 03 Sep 2020 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum