EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

SINTA SURYANINGSIH, 15600051 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK)
15600051_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK)
15600051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Turi tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest- posttest kemampuan pemecahan masalah matematika, prescale-postscale minat belajar, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan uji-t untuk minat belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Minat Belajar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:28
Last Modified: 17 Sep 2020 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum