EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP

Lia Fatra Nur Kamalin, 15600054 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP)
15600054_BAB II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP)
15600054_SEBELUM_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran dengan model TTW merupakan salah satu inovasi pembelajaran untuk mencapai pembelajaran yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model Think Talk Write (TTW) pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitiannya non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan PMRI dengan variabel terikat yaitu kemampuan literasi matematika siswa dalam tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII C dan VII G. Kelas VII C dijadikan kelas eksperimen dengan treatment pembelajaran berupa model Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan PMRI. Kelas VII C dijadikan kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest kemampuan literasi matematika, RPP dan LAS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Think Talk Write (TTW) pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Think Talk Write, PMRI, Kemampuan Literasi Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:51
Last Modified: 17 Sep 2020 12:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum