PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DENGAN KONSEP JOYFUL LEARNING MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMA/MA

Syafa’atun Nafidzah, 15670004 (2019) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DENGAN KONSEP JOYFUL LEARNING MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DENGAN KONSEP JOYFUL LEARNING MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMA/MA)
15670004_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DENGAN KONSEP JOYFUL LEARNING MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMA/MA)
15670004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Inovasi media sangat diperlukan guna menciptakan media pembelajaran yang bervariatif agar proses belajar mengajar efektif dan efisien. Salah satu alternatif media yang bisa digunakan guru dalam menjelaskan materi adalah menggunakan pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pop-up book dengan konsep joyful learning yang layak digunakan (2) uji kualitas media berdasarkan penilaian oleh dosen ahli dan guru kimia serta (3) uji respon siswa sebagai pengguna dari media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan metode 4-D (four- D). Partisipasi untuk menguji kualitas ditinjau oleh dosen para ahli dan guru kimia. Sedangkan partisipasi untuk menguji respon adalah siswa SMA/MA kelas X. Teknis analisis pada pengumpulan data yang dilakukan untuk mengetahui kualitas dan respon siswa dengan menggunakan wawancara dan pemberian angket. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kesulitan guru dalam melakukan proses pembelajaran dan media yang diharapkan siswa dalam proses pembelajaran. Kemudian diberi angket untuk menguji kualitas oleh dosen para ahli dan guru kimia. Aspek penilaian yang digunakan untuk menilaikan kepada dosen ahli adalah aspek penyajian materi, aspek penulisan, aspek kebahasaan dan kejelasan kalimat, aspek tampilan, aspek pop-up book, aspek kegiatan/ percobaan siswa, serta aspek keterlaksanaan dan evaluasi belajar. Hasil dari dosen ahli media didapatkan kualitas SB, hasil dari dosen ahli materi didapatkan kualitas B. Sedangkan aspek untuk dinilaikan kepada guru adalah aspek penyajian materi, aspek kebahasaan dan kejelasan kalimat, aspek kegiatan/ percobaan siswa, aspek pop-up book, aspek joyful learning, aspek tampilan serta aspek keterlaksanaan dan evaluasi belajar dan didapatkan kualitas B. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas dari media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk proses pembelajaran kimia SMA kelas X. Berdasarkan hasil respon siswa didapatkan nilai sebesar 98,56% dengan kategori SB sehingga disimpulkan media tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran. Aspek yang digunakan untuk menilai kepada siswa adalah penguasaan materi, aspek kebahasaan, aspek kegiatan/ percobaan siswa, aspek pop-up book, serta aspek tampilan. Inovasi media sangat diperlukan guna menciptakan media pembelajaran yang bervariatif agar proses belajar mengajar efektif dan efisien. Salah satu alternatif media yang bisa digunakan guru dalam menjelaskan materi adalah menggunakan pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pop-up book dengan konsep joyful learning yang layak digunakan (2) uji kualitas media berdasarkan penilaian oleh dosen ahli dan guru kimia serta (3) uji respon siswa sebagai pengguna dari media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan metode 4-D (four- D). Partisipasi untuk menguji kualitas ditinjau oleh dosen para ahli dan guru kimia. Sedangkan partisipasi untuk menguji respon adalah siswa SMA/MA kelas X. Teknis analisis pada pengumpulan data yang dilakukan untuk mengetahui kualitas dan respon siswa dengan menggunakan wawancara dan pemberian angket. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kesulitan guru dalam melakukan proses pembelajaran dan media yang diharapkan siswa dalam proses pembelajaran. Kemudian diberi angket untuk menguji kualitas oleh dosen para ahli dan guru kimia. Aspek penilaian yang digunakan untuk menilaikan kepada dosen ahli adalah aspek penyajian materi, aspek penulisan, aspek kebahasaan dan kejelasan kalimat, aspek tampilan, aspek pop-up book, aspek kegiatan/ percobaan siswa, serta aspek keterlaksanaan dan evaluasi belajar. Hasil dari dosen ahli media didapatkan kualitas SB, hasil dari dosen ahli materi didapatkan kualitas B. Sedangkan aspek untuk dinilaikan kepada guru adalah aspek penyajian materi, aspek kebahasaan dan kejelasan kalimat, aspek kegiatan/ percobaan siswa, aspek pop-up book, aspek joyful learning, aspek tampilan serta aspek keterlaksanaan dan evaluasi belajar dan didapatkan kualitas B. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas dari media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk proses pembelajaran kimia SMA kelas X. Berdasarkan hasil respon siswa didapatkan nilai sebesar 98,56% dengan kategori SB sehingga disimpulkan media tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran. Aspek yang digunakan untuk menilai kepada siswa adalah penguasaan materi, aspek kebahasaan, aspek kegiatan/ percobaan siswa, aspek pop-up book, serta aspek tampilan. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Berorientasi, Joyful Learning, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Berorientasi, Joyful Learning, Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 11:39
Last Modified: 03 Sep 2020 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum