RUANG ALTERNATIF DALAM LAYANAN CORNER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY): Relasi Kuasa, Karakteristik & Makna

DWI CAHYO PRASETYO, 17200010070 (2019) RUANG ALTERNATIF DALAM LAYANAN CORNER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY): Relasi Kuasa, Karakteristik & Makna. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RUANG ALTERNATIF DALAM LAYANAN CORNER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY): Relasi Kuasa, Karakteristik & Makna)
17200010070_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RUANG ALTERNATIF DALAM LAYANAN CORNER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY): Relasi Kuasa, Karakteristik & Makna)
17200010070_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi kasus tentang representasi ruang alternatif perpustakaan dalam perspektif heterotopia pada layanan Corner di Perpustakaan UMY. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui relasi kuasa yang ada dalam layanan-layanan Corner di perpustakaan UMY, mengetahui karakteristik heterotopia ruang layanan-layanan Corner Perpustakaan UMY. mengetahui makna ruang heterotopia yang terdapat pada layanan-layanan Corner Perpustakaan UMY. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer dari penelitian ini adalah dari penelitian lapangan, yaitu kegiatan keseharian di layanan Corner perpustakaan UMY serta hasil wawancara dengan informan. Data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen-dokumen yang terkait dengan layanan Corner di Perpustakaan UMY. Uji validitas data dengan melakukan triangulasi teknik, waktu, dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Struktur koordinasi ruang layanan Corner dipengaruhi oleh struktur kuasa dari lembaga-lembaga yang ada di atasnya yang membuat peran kuasa perpustakaan berbeda-beda pada masing-masing layanan Corner. 2) Karakteristik heterotopia yang ada pada layanan Corner di Perpustakaan UMY terlihat pada proses representasi dalam simbol dan aktivitas, bentuk kontestasi terlihat dalam event dan pameran yang dilaksanakan, serta bentuk inversi terlihat dalam penempatan masing-masing ruang. 3) Makna yang diberikan oleh layanan Corner di Perpustakaan UMY tercermin dalam tiga hal yaitu sebagai ruang belajar alternatif pengguna perpustakaan, ruang komunikasi antar budaya dan ruang representasi ideologis. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang diajukan: 1) Perlu adanya peneltian lanjutan dengan kajian pengunjung (visitor studies) dari konsep heterotopia pada layanan Corner di perpustakaan UMY. 2) Perlunya kolaborasi yang lebih mendalam antara pustakawan dan pengguna dalam pengembangan layanan Corner di perpustakaan. 3) Penelitian ini merekomendasikan penelitian lebih lanjut terkait pemikiran Michel Foucault dan heterotopia di perpustakaan yang masih dapat dikembangkan jauh lebih baik dan lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Heterotopia, Ruang Alternatif, Layanan Corner, Foucault, relasi kuasa
Subjects: PERPUSTAKAAN > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:20
Last Modified: 03 Sep 2020 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40820

Actions (login required)

View Item View Item