PERAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BOJONG KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Indah Nurul Hidayati, 16204080039 (2018) PERAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BOJONG KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BOJONG KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
16204080039_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BOJONG KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
16204080039_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, peran masyarakat dan peran madrasah terhadap peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bojong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan tekhnik analisa data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Tehnik uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran yang dilakukan masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas PAI meliputi: adanya kegiatan pengajian rutin yang merupakan program dari komite, yang diikuti oleh seluruh orang tua siswa, siswa, guru, komite dan masyarakat sekitar MI Ma’arif Bojong. Selain itu ketika ada peringatan hari besar agama islam sering melakukan pengajian yang dihadiri oleh masyarakat, mengadakan jalan sehat bersama ketika harlah madrasah. Sumbangan dalam bentuk tenaga kerja, biasanya dilakukan oleh tenaga ahli di masyarakat setempat. Kesediaan masyarakat atau wali murid untk bergabung dalam pengurus tenaga ahli pengajar di MI Ma’arif Bojong. Kesediaan masyarakat atau wali peserta didik untuk bergabung dalam pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif (LP Ma’arif). Kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bojong . Kedua, sumbangan dalam bentuk donasi untuk kemajuan masyarakat sekitar adalah berupa tenaga dalam bentuk gotongroyong. Juga kegiatan yang mengikutsertakan siswa dan guru saat kegiatan takziah bersama apabila ada masyarakat di sekitar sekolah meninggal atau dari keluarga siswa yang meninggal dunia. Pembiasaan silaturahmi ke tokoh masyarakat, kyai, sesepuh serta masyarakat di dekat sekolah ketika hari raya idhul fitri. Ketiga, dari segi nilai akademik, peserta didik di MI Ma’arif Bojong menunjukkan potensi akademik yang baik. Untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam, rata-rata nilai yang dicapai cenderung stabil atau mengalami kenaikan, peserta didik MI Ma’arif Bojong dapat 100% melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu di SMP/MTS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peran masyarakat, mutu pendidikan agama Islam, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:14
Last Modified: 04 Sep 2020 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum