ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT DI MAN 1 YOGYAKARTA

Elis Alvirawati, 15670034 (2019) ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT DI MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT DI MAN 1 YOGYAKARTA)
15670034_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT DI MAN 1 YOGYAKARTA)
15670034_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum 2013 memuat program lintas minat sebagai wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya agar dapat berkembang dengan baik. MAN 1 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan program lintas minat dengan memilih kimia sebagai mata pelajaran lintas minat bagi kelas XI IIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebijakan sekolah dalam menentukan mata pelajaran lintas minat, proses pembelajaran lintas minat kimia dan aspek afektif dari cara belajar peserta didik dalam proses pembelajaran lintas minat kimia kelas XI IIS di MAN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kimia kelas XI IIS, peserta didik kelas XI IIS dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum. Data kebijakan sekolah dalam menentukan mata pelajaran lintas minat dikumpulkan melalui metode wawancara terhadap guru kimia dan Waka kurikulum, sedangkan data proses pembelajaran dikumpulkan melalui metode wawancara dan observasi, dan untuk data aspek aektif dari cara belajar peserta didik dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan angket. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sekolah dalam menentukan mata pelajaran lintas minat ditentukan atas dasar pertimbangan sumber daya guru, kebermanfaatan ilmu, dan tingkat kemampuan peserta didik. Strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran xix lintas minat kimia adalah strategi penemuan (discovery) dengan metode belajar diskusi kelompok, presentasi, ceramah dan tanya jawab. Sedangkan aspek afektif dari cara belajar peserta didik berdasarkan model pembelajaran penemuan terbimbing dari hasil analisis data dikelompokkan dalam beberapa indikator yaitu ketekunan, keuletan, minat belajar, kejenuhan belajar, kemandirian belajar, dan keaktifan berpendapat. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data terkait cara belajar peserta didik dari kelas XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI IIS 3 ada yang sudah baik dan masih ada yang kurang baik. Kata kunci : Lintas minat, pembelajaran kimia, cara belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Lintas minat, pembelajaran kimia, cara belajar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:27
Last Modified: 04 Sep 2020 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum