PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO BERBASIS BLENDED LEARNING BEORIENTASI REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Zahrotul Ma Waroh, 15670036 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO BERBASIS BLENDED LEARNING BEORIENTASI REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO BERBASIS BLENDED LEARNING BEORIENTASI REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
15670036_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO BERBASIS BLENDED LEARNING BEORIENTASI REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
15670036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan sehigga diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) yang menggabungkan pembelajaran di kelas (offline) dengan pembelajaran e-learning (online). Bidang kajian mata pelajaran kimia yang cenderung abstrak dapat disampaikan guru dengan mengkaji dari aspek makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Edmodo berbasis Blended Learning berorientasi representasi kimia, mengkaji kualitas produk, serta mengkaji respon peserta didik. Pengembangan media pembelajaran Edmodo berbasis Blended Learning berorientasi representasi kimia menggunakan desain penelitian Research and Development dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Four D). Model ini menggunakan empat tahapan pengembangan yang meliputi define, design, development, dan disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala empat untuk mengetahui kualitas produk dan lembar respon skala dua untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk dapat menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Edmodo berbasis Blended Learning berorientasi representasi kimia berbentuk kelas virtual (online) yang dapat diakses melalui pc maupun android yang siap digunakan dengan menggabungkan tiga level representasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan persen keidealan menurut ahli media sebesar 96,42 % dengan kategori sangat baik, ahli materi sebesar 77,5 % dengan kategori sangat baik, guru kimia sebesaar 80,5 % dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik sebesar 90,6 % dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Edmodo, Blended Learning, Representasi Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:42
Last Modified: 17 Sep 2020 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum