STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Alfiyatus Sa’adah, 16204080044 (2019) STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
16204080044_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
16204080044_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung. Strategi pemasaran yang baik perlu disusun agar MI Sultan Agung tidak ditinggalkan. Sistem fullday school dan budaya lokal menjadi unggulan MI Sultan Agung untuk menarik minat masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui penyebab menurunnya minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung, 2) strategi pemasaran yang digunakan MI Sultan Agung, 3) faktor pendorong minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Sumber data berasal dari peserta didik, wali peserta didik, guru, kepala madrasah, komite madrasah, dan diperkuat dengan dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan 1) penyebab menurunnya minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung, adalah hilangnya metode Qiraati, sistem keamanan sekolah, kantin madrasah, tidak ada sosialisasi ke RA/TK; (2) Strategi pemasaran pendidikan di MI Sultan Agung dalam menarik minat masyarakat dengan pendekatan mutu, melalui: (a) produk: pengembangan kurikulum, keunggulan budaya lokal, peningkatan mutu akademik, peningkatan mutu non akademik; (b) harga terjangkau, (c) lokasi strategis, (d) promosi secara lisan, media, dan pameran, (e) Memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasana; (g) melibatkan seluruh unsur madrasah; (3) Faktor Pendukung Minat Masyarakat terhadap MI Sultan Agung, yaitu pendidikan agama, pembiasaan ibadah, sistem fullday school, biaya, lokasi, dan kepuasan layanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, S.Pdi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: manajemen madrasah, promosi pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:35
Last Modified: 04 Sep 2020 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40837

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum